Presiden Jokowi Didampingi Menteri Basuki Tinjau Embung MBH dan Plaza Seremoni IKN

Selasa 13-08-2024,09:25 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Tatang Rusmanta

RADARCIREBON.COM - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau Embung MBH dan Plaza Seremoni di Sumbu Kebangsaan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Senin (12/8/2024). 

Jokowi dan Ma’ruf Amin juga didampingi Menteri Basuki beserta para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dalam kunjungan yang dilakukan sebelum sidang kabinet tersebut, Presiden RI Joko Widodo memuji kualitas udara di IKN. 

"Kita ingin Pak Wapres, Pak Prabowo, dan semua menteri merasakan bersihnya udara pagi di IKN. Tadi kita cek air quality index di sini 6 mikrogram, di ibu kota negara lain misalnya Singapura 53 mikrogram. Di sini memang udaranya sangat segar, fresh dan bersih, dan itu sangat bagus untuk kesehatan," kata Presiden Jokowi. 

BACA JUGA:Saka Tatal Membantah Kesaksian Aep dan Dede di Hadapan Penyidik Bareskrim Polri

Menteri Basuki mengatakan Embung MBH adalah salah satu dari 22 embung di KIPP IKN yang sudah diselesaikan. Di tahun 2024 ini sebanyak 30 embung di IKN ditargetkan selesai dibangun. 

Secara bertahap, pembangunan embung akan terus dilakukan hingga mencapai 60 embung secara keseluruhan. 

2

"Embung ini memiliki fungsi utama untuk konservasi air, selain itu juga untuk estetika lingkungan. Sesuai konsep keberlanjutan lingkungan, area embung kita tanami dengan berbagai tanaman menjadi ruang terbuka hijau sehingga dapat meningkatkan kualitas micro climate di IKN," kata Menteri Basuki.

Embung MBH yang dikunjungi bukan sekadar embung. Embung MBH memiliki fasilitas pedestrian, amphiteater, jogging track, hingga ruang publik. 

BACA JUGA:Arta Ungkap Detik-detik Sebelum Kejadian Pembunuhan Vina dan Eky

BACA JUGA:Sekda Buka Job Fair, Optimis Serap Tenaga Kerja Lokal Kabupaten Cirebon

Pembangunannya juga menerapkan konsep Smart Water Management System dalam perawatan area terbuka hijau melalui penyiraman otomatis (sprinkler) yang beroperasi menggunakan sensor yang dapat mendeteksi kadar air tanah, suhu, kelembaban dan ph tanah. 

Sedangkan Plaza Seremoni, menurut Menteri Basuki, akan digunakan sebagai area publik terbuka. 

Plaza Seremoni ini diharapkan bisa menjadi pusat aktivitas masyarakat seperti bersosialisasi, berolahraga, dan sebagainya. 

"Plaza Seremoni nantinya dapat menampung tamu-tamu undangan pada upacara HUT ke-79 RI," ujar Menteri Basuki. 

Kategori :