Innalillahi wa innailaihi rodji’un, Pengamat Ekonomi dan Politik Faisal Basri Telah Berpulang

Kamis 05-09-2024,07:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Kabar duka datang dari seorang pengamat ekonomi, dosen dan pendiri Partai Amanat Nasional, yakni Faisal Basri.

Tersiar kabar di sejumlah platform media sosial, bahwa Faisal Basri telah wafat pada Kamis 5 September 2024 pukul 03.50 WIB.

Almarhum Fasial Basri wafat saat sedang dirawat di RS Mayapada, Jakarta.

Almarhum yang saat hidupnya sangat getol memberikan masukan dan saran kepada pemerintah agar bisa menjalankan kebijakan ekonomi dan politiknya secara adil dan mampu mensejahterakan masyarakat, meninggal dunia pada usia 65 tahun.

BACA JUGA:Agustus 2024, Satresnarkoba Polresta Cirebon Ungkap 16 Kasus Peredaran Narkoba

BACA JUGA:Usai Sidang PK Terpidana Kasus Kematian Vin dan Eky, Otto Hasibuan: Khilaf Harus Diperbaiki

Jenazah Faisal Basri akan disemayamkan di rumah duka Komplek Gudang Peluru Blok A 60 Jakarta Selatan. Dan, akan dimakamkan sore hari di TMP Menteng Pulo, Jakarta.

2

Perjalanan Karir Faisal Basri

Melansir dari laman LPEM FEB UI, almarhum Faisal Basri merupakan pakar ekonomi dan politikus alumni Universitas Indonesia. 

Almarhum tamat S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (1985), kemudian lulus mendapat gelar Master of Arts bidang ekonomi di Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika (1988).

BACA JUGA:Dibalik Bencana Pasti Ada Hikmah, Gempa Bumi Bisa Menghasilkan Bongkahan Emas Berharga

BACA JUGA:Jalani Sidang PK, Ketujuh Terpidana Kasus Kematian Vina dan Eky Dapat Perlindungan LPSK

BACA JUGA:Dua Pelajar Asal Kota Cirebon Tabrakan dengan Bus di Jalan Jenderal Sudirman, 1 Orang Tewas di TKP

Selain ekonom dan politikus, almarhum juga menjadi dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia untuk mata kuliah Ekonomi Politik, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pembangunan dan Sejarah Pemikiran Ekonomi sejak 1981.

Selama mengabdi di Universitas Indonesia, almarhum pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan ESP (Ekonomi dan Studi Pembangunan) FEBUI (1995-1998), Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta (1999-2003), Pendiri Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) (1995-2000).

Kategori :