DPRD Ajak Masyarakat Aktif Berpartisipasi di Pilbup Cirebon 2024

Jumat 13-09-2024,11:30 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM – DPRD Kabupaten Cirebon mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menyukseskan pilbup Cirebon. Pasalnya, partisipasi masyarakat bagian penting menentukan masa depan daerah.

"Ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk memilih pemimpin yang mampu membawa perubahan positif dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Mohamad Luthfi ST MSi, kepada Radar, Kamis (12/9).

Menurutnya, bahwa partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan agar hasil Pilbup benar-benar mencerminkan aspirasi rakyat. "Semakin banyak masyarakat yang menggunakan hak pilihnya, semakin kuat legitimasi pemimpin terpilih. Ini juga akan menciptakan pemerintahan yang lebih kuat dan lebih dipercaya untuk menjalankan program pembangunan," tentang Luthfi.

Masih kata Luthfi, pilkada bukan hanya sekadar ajang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Lebih dari itu, yang paling penting adalah menjaga kondusivitas daerah. "Kita harus memastikan Kabupaten Cirebon tetap aman dan terhindar dari potensi konflik yang tidak diinginkan," tegas Luthfi.

BACA JUGA:PT KAI Tanggapi Kasus Warga Arjawinangun Tertemper KA Purwojaya

Ia juga menekankan bahwa masyarakat Kabupaten Cirebon sudah terbiasa menghadapi berbagai kontestasi politik, seperti pemilihan kepala desa, yang kerap kali memicu konflik, baik horizontal maupun yang sebenarnya dapat dicegah sejak dini.

"Saya melihat, faktor sosial seperti kemiskinan dan pengangguran sering kali menjadi pemicu utama munculnya konflik. Masalah-masalah sosial ini perlu diurai dan diselesaikan agar tidak memecah belah masyarakat menjadi kelompok-kelompok yang bertentangan," paparnya.

Luthfi juga menekankan pentingnya memilih pemimpin yang memiliki visi dan misi yang jelas, daripada sekadar mempertontonkan kekuatan politik.

"Politik itu keras. Hari ini mungkin kita bermusuhan, tapi besok bisa saja kita menjadi kawan. Semua ini kembali pada kepentingan bersama. Kita harus membangun Kabupaten Cirebon dengan pemahaman politik yang matang dan bijaksana," tandasnya.

BACA JUGA:Saka Tatal Bikin Pengunjung Sidang PK 6 Terpidana Kasus Vina Tak Kuasa Menangis

Ia pun mengingatkan bahwa tanggung jawab untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat bukan hanya ada pada pihak tertentu saja, tetapi tanggung jawab bersama. "Semua pihak memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman politik yang benar kepada masyarakat," imbuhnya.

Selain itu, Luthfi menggarisbawahi pentingnya kesiapan dari pihak penyelenggara Pilkada. "Penyelenggara harus sigap dan cepat dalam mengantisipasi potensi kerawanan agar Pilkada 2024 dapat berlangsung secara demokratis dan berkualitas," pungkasnya.

Ia pun berharap, pilbup Cirebon 2024 dapat menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi masa depan Kabupaten Cirebon. (sam)

Kategori :