RS Pasar Minggu Cirebon Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis dengan Teknologi Mutakhir

Sabtu 14-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka mensukseskan program pemerintah untuk menurunkan angka kebutaan akibat katarak, Rumah Sakit Pasar Minggu Cirebon kembali menggelar bakti sosial operasi katarak gratis pada Sabtu (14/9/2024). Kegiatan tersebut ratusan warga kurang mampu di wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya.

Adapun kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut terlaksana berkat kerja sama berbagai pihak, antara lain, RS Pasar Minggu Cirebon, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indosiar-SCTV, Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Pusat dan Komunitas Selaras. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Berdasarkan pantauan Radar Cirebon, para peserta operasi katarak gratis itu telah berdatangan ke RS Pasar Minggu di Jalan Ki Ageng Tepak Desa Semplo Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon sejak pagi.

Mereka hadir ke rumah sakit itu, dengan didampingi oleh keluarga dan kerabatnya. Beberapa di antaranya juga bahkan diantarkan oleh anggota lembaga Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) dari desa asalnya masing-masing.

BACA JUGA:Kawasan Bima - Kedawung Byar Pet Sejak Pagi, PLN Cirebon: Ada Gangguan

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, ratusan peserta operasi katarak ditangani oleh 11 dokter mata ahli yang berpengalaman. Adapun operasi kataraknya sendiri dilakukan dengan teknologi mutakhir, yakni dengan Teknik Fakoemulsifikasi (Phacoemulsifikasi).

Teknik Fakoemulsifikasi adalah prosedur operasi katarak dengan menggunakan mesin bergelombang ultrasonik untuk melunakkan dan mengeluarkan lensa mata yang mengalami katarak. Teknik ini juga dilakukan dengan sayatan yang sangat sedikit, sehingga memungkinkan pasien tanpa harus melakukan rawat inap. Bahkan operasi tersebut juga dilakukan tanpa jahitan dengan masa penyembuhan yang relatif lebih singkat.

Direktur Umum RS Pasar Minggu Cirebon, dr Feby Leliana Rachman menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi kali kedua bagi RS Pasar Minggu Cirebon dipercaya oleh Perdami Pusat dan Komunitas Selaras untuk bergabung dan memfasilitasi program bakti sosial operasi katarak gratis.

"Alhamdulillah, dalam kegiatan ini terdapat sedikitnya 164 warga yang mendapatkan manfaat dari diadakannya program bakti sosial operasi katarak gratis ini," jelas dr Feby.

BACA JUGA:Telkomsel Dukung Pengembangan Ekosistem Digital Sivitas Akademika

dr Feby menuturkan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk kepedulian sosial RS Pasar Minggu Cirebon terhadap masyarakat dalam membantu dan meringankan beban masyarakat. Terutama, bagi para penderita katarak di wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya.

Dirinya berharap bahwa melalui kegiatan bakti sosial operasi katarak itu dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat.

"Selain itu, kegiatan ini juga sebagai komitmen kami dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Cirebon dan sekitarnya," pungkasnya. (awr/opl)

Kategori :