Dari Ikan Cupang, Bisa Bikin Rumah dan Kuliahkan Anak

Sabtu 09-04-2016,19:52 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

CIREBON - Bisnis ikan cupang memang menggiurkan. Banyak kalangan yang menyukai ikan cupang, dari anak kecil sampai orang dewasa. Untuk itu, tidak heran jika ikan cupang jenis tertentu dihargai hingga jutaan rupiah. Selain untuk hiasan, ikan cupang juga sering dijadikan media taruhan.

Romadi (42) warga Desa Kalideres, Kec Kaliwedi, Kab Cirebon dirinya sudah menekuni bisnis budidaya ikan cupang selama 16 tahun dan dari bisnisnya dirinya sudah membuat rumah, membeli keperluan rumah tangganya sampai menguliahkan anaknya. Ia mengaku tiap bulan dari berbisnis ikan hias cupang bisa mencapai Rp3 juta. \"Tiap bulannya bersih bisa 3 jutaan hingga lebih,\" ujar Romadi.

Berawal dari jadi tukang tahu dan mengalami krisis pada tahun 1998 romadi menganggur hingga dirinya membaca majalah trubus akan budidaya ikan yang tidak pernah krisis drinya mencoba untuk belajar budidaya ikan cupang. Romadi mengatakan,  terinspirasi dari majalah Trubus dan pada tahun 1999. \"Saya mencobanya ternyata memang lumayan bisa buat mencukupi kehidupan keluarga saya sampai sampai bisa bikin rumah,\" ucapnya.

Usahanya  yang dulu hanya memakai ember sekarang sudah berkembang mencapai 16 kotak kolam ikan. Dengan jumlah ikan puluhan ribu ekor. Ada 5 jenis ikan cupang yang dipeliharanya yaitu jenis giant, pelekat, serit, bangkok dan hakmun. Pembelinya pun sudah tersebar dari Indramayu, Majalengka dan Kuningan.(cecep)

Tags :
Kategori :

Terkait