Kembangkan Produk Lokal, Transmart Gandeng UMKM Wilayah Cirebon

Kamis 11-01-2018,21:30 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

CIREBON - Kehadiran Transmart Carrefour masih menjadi primadona bagi masyarakat wilayah Cirebon. Dengan konsep baru yang diusung Transmart, bukan hanya menawarkan unsur belanja, tetapi juga mengedepankan leisure (bersantai), salah satunya melalui Trans Studio Mini. Dengan wahana berbeda dari yang lain, pengunjung penasaran mencoba meski harus antre. \"Soal keamanan jangan khawatir, sebab arena bermain dijamin asuransi. Permainannya pun mendapat sertifikat internasional dari Belanda,\" ujar Corporate Communication GM Transmart Carrefour, Satria Hamid. Cirebon menjadi titik strategis karena akses menuju Jakarta dan Jawa Tengah (Jateng). Satria mengatakan, keberadaan Transmart Carrefour diharapkan turut menumbuhkan ekonomi kerakyatan di setiap titik Transmart berada. Di Cirebon sendiri terdapat tidak kurang dari 1.000 produk lokal dari pelaku UMKM yang sudah menjadi mitra Transmart. Ke depan, tentu saja produk lokal akan bertambah seiring ekonomi yang bergerak maju. \"Kami juga ingin produk lokal ini tidak hanya dijual di Cirebon saja, tetapi juga dijual di Transmart manapun,\" kata Satria kepada Radar, Rabu (10/1). Sejauh ini, produk lokal yang sudah masuk Transmart, didominasi kategori makanan dan minuman. Tetapi selanjutnya tidak menutup kemungkinan akan merambah produk lain, seperti fashion dan lainnya. Satria ingin, ke depan ada bran yang bisa dibuat bersama antara Transmart dan UMKM lokal. Sehingga, menjadi ikon Cirebon yang produknya bisa didapatkan di seluruh jaringan toko Transmart. Dengan upaya ini, masyarakat sekitar juga bisa merasakan kehadiran Transmart bukan hanya pendatang ritel, tetapi juga turut memajukan kearifan lokalnya. Tanggapan Transmart soal banyak ritel yang tutup? Satria mengungkapkan, hal ini menjadi fenomena menarik bagi Transmart. Banyak ritel yang memutuskan tutup, namun Transmart justru akan terus berusaha mengembangkan bisnis dengan konsep yang out of the box. Harapannya, dengan semakin banyak toko buka, persebaran ekonomi bisa lebih merata. Satu toko seperti di Cirebon, setidaknya 1.000 karyawan bisa terserap. \"Konsep 4in1 juga nggak menutup kemungkinan berubah. Bisa jadi ke depan 5in1 kalau ada hotel bahkan 7in1,\" pungkas Satria. (tta)    

Tags :
Kategori :

Terkait