Arab Saudi Stop Visa Umrah, Pelaku Usaha Diminta Tenang

Kamis 27-02-2020,10:49 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi memutuskan penangguhan sementara visa umrah. Sehubungan langkah preventif penyebaran virus corona. 

Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI) Firman M Nur dalam rilis di website resmi AMPHURI dengan adanya edaran ini, AMPHURI berharap kepada jamaah dan pelaku usaha tenang. 

“Kami asosiasi akan melakukan klarifikasi atas informasi yang tersebar dan juga melakukan komunikasi intens dengan pemerintah dalam hal ini Kemenag dan kedutaan besar Saudi. Kami berharap proses halangan keberangkatan bisa segera dicabut, sehingga keberangkatan jamaah umrah bisa kembali berjalan dengan baik,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Bidang Umrah DPP AMPHURI, Islam Saleh Alwaini yang mengatakan bahwa langkah ini merupakan tindakan pencegahan penyebaran virus corona jenis baru.

Pemerintah Saudi mengambil tindakan pencegahan dengan menunda masuknya warga negara non Saudi ke Kerajaan baik untuk tujuan umrah maupun tujuan lainnya.

“Penangguhan ini hanya untuk sementara waktu, sebagai upaya pencegahan dan Saudi tengah mempersiapkan langkah-langkah lainnya. Semoga tidak berlangsung lama, mungkin hanya satu hingga dua minggu ke depan,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan, baru saja menerima edaran serupa dari pihak airlines yang melayani penerbangan umrah terkait adanya suspend untuk masuk ke Saudi sementara waktu. 

2

“Mereka menginformasikan kami untuk membatalkan seluruh jadwal penerbangan umrah sampai beberapa waktu ke depan,” katanya. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait