23.303 Jiwa Penduduk Kabupaten Cirebon Sudah Jalani Tes Swab, Lebihi Target

23.303 Jiwa Penduduk Kabupaten Cirebon Sudah Jalani Tes Swab, Lebihi Target

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni menuturkan, masih akan menambah jumlah swab massal di Kabupaten Cirebon, menjadi 30 ribu orang. Pada anggaran perubahan ini, dinkes akan melakukan penambahan uji swab sebanyak 8.000 sampel.

Selain kepada warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif, swab massal juga dilakukan untuk pegawai yang bertugas di lingkungan perkantoran Kabupaten Cirebon. Eni juga menyebutkan, suksesnya pelaksanaan swab massal juga, berkat cepatnya hasil uji swab.

“Dalam tempo sekitar dua hari, hasil swab bisa didapatkan dari Laboratorium UGJ (Universitas Swadaya Gunung Jati). Jika ada yang positif, nanti hasil tersebut ditindaklanjuti puskesmas untuk melakukan tracing,” kata Eni.

Selain menggunakan swab secara konvensional, Pemkab Cirebon memiliki PCR Portable. Dengan menggunakan alat ini, pemeriksaan sampel bisa dilakukan dengan cepat.

Dalam sekali running, alat PCR portablle ini, bisa mengolah sebanyak 8 sampel. Hanya dengan waktu 45 menit, hasilnya sudah bisa didapatkan.

Eni mengatakan, untuk saat ini, alat PCR Portable digunakan untuk melakukan uji sampel yang urgen dan harus segera didapatkan hasilnya. Alat PCR ini pernah digunakan untuk melakukan uji dari sampel Bupati Cirebon, yang sempat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif.

\"Karena Pak Bupati harus hadir pada suatu kegiatan, sehingga kami menggunakan alat ini,” kata Eni.

Selain itu, alat ini juga bisa digunakan untuk mempercepat tracing, pada pasien yang suspect Covid-19. Eni mencontohkan, ada pasien yang meninggal dan diduga Covid-19, agar lebih cepat mengetahui kondisi sebenarnya, makal alat PCR Portable ini digunakan untuk melakukan uji sampelnya.

Selain itu, alat ini juga cukup simpel. Sehingga bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan di daerah-daerah yang terpencil, yang memiliki keterbatasan akses.(via)

https://youtu.be/LJaBOB4wbak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: