Polresta Cirebon Gelar Rapid Test Antigen di Rest Area Tol, Sasar Pengendara Luar Daerah

Polresta Cirebon Gelar Rapid Test Antigen di Rest Area Tol, Sasar Pengendara Luar Daerah

CIREBON - Polresta Cirebon menggelar rapid test antigen di Rest Area KM 229 Tol Kanci-Pejagan, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, Selasa (19/12). Rapid test antigen tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Rapid test antigen yang dilaksanakan petugas Urkes Dokpol Polresta Cirebon tersebut memeriksa para pengendara dan penumpang asal luar daerah. Khususnya yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

Sebelum menjalani rapid test antigen, mereka diminta mencuci tangannya terlebih dahulu. Selanjutnya petugas akan mendata identitas dan mengecek suhu tubuhnya.

Petugas yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap berupa hazmat set pun langsung mengambil sampel lendir melalui metode swab. Kemudian memeriksanya menggunakan alat rapid test antigen.

\"Pemeriksaan rapid test antigen ini untuk menjamin keselamatan masyarakat Kabupaten Cirebon dan mencegah penyebaran Covid-19 di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah hukum Polresta Cirebon. Apalagi Rest Area 229 Tol Kanci-Pejagan merupakan rest area pertama di wilayah Jawa Barat. Karena berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Karenanya, kami melaksanakan rapid test antigen terhadap pelaku perjalanan yang memasuki wilayah Kabupaten Cirebon untuk mencegah penyebaran Covid-19,\" ungkap Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, Selasa (29/12).

Kombes Pol M Syahduddi menyebutkan, hingga kini terdapat 32 orang telah menjalani rapid test antigen di Rest Area KM 229 Tol Kanci-Pejagan dan hasil pemeriksaannya dinyatakan nonreaktif.

\"Mereka yang nonreaktif diperkenankan melanjutkan perjalanan ke tujuannya masing-masing. Jika ada yang hasil rapid test antigennya reaktif, maka akan ditindaklanjuti ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan tes swab,\" sebutnya.

Masih kata Kapolresta, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan RSUD Waled Kabupaten Cirebon.

\"Rapid test antigen ini disambut antusiasme masyarakat, karena mereka mendapatkan surat keterangan resmi yang dapat digunakan untuk bekal perjalanannya. Bahkan, rapid test antigen ini juga tidak dipungut biaya alias gratis,\" pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan itu juga dilaksanakan di beberapa lokasi sepanjang jalur tol wilayah hukum Polresta Cirebon, yakni GT Palimanan Tol Cipali dan Rest Area KM 228 Tol Kanci - Pejagan. Dalam sehari, petugas akan mengambil sampel sebanyak 50 orang di setiap titik pemeriksaan rapid test antigen. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: