Pasar Seni Budaya Jamblang, Hadirkan Kuliner Masa Lalu dan Alunan Musik Tradisional

Pasar Seni Budaya Jamblang, Hadirkan Kuliner Masa Lalu dan Alunan Musik Tradisional

CIREBON - Kota Tua Jamblang, Kabupaten Cirebon, penuh dengan warna sejarah, budaya, multietnis dan agama yang masih terawat hingga saat ini.

Kekayaan itu ditampilkan dalam Pasar Seni Budaya Jamblang yang merupakan cikal bakal destinasi dalam kemasan produk wisata lokal rasa internasional di depan Wihara Dharma Rakhita Jamblang, Minggu lalu (1/1).

Dalam Pasar Seni Budaya Jamblang menghadirkan sejumlah kuliner masa lalu seperti nasi langge, kue khas pecinan Jamblang yakni cikak, cucur, jalabia dan lainnya.

Selain itu juga menampilkan alunan musik tradisional plus pentas latihan bersama kesenian khas Cirebon sambil menikmati kemegahan bangunan kuno yang kokoh.

Acara tersebut diselenggarakan karang taruna Desa Jamblang, Pemerintah Desa Jamblang, komunitas Seni Klabang (Klangenan Jamblang), dan Yayasan Wihara Jamblang.

\"Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi para seniman Kabupaten Cirebon khususnya di Desa Jamblang untuk menunjukkan bahwa mereka masih eksis dalam pelestarian kesenian dan kebudayaan Cirebon di massa pandemi Covid-19 ini,\" ujar Jajat Sudrajat salah satu panitia pelaksana kegiatan kepada radarcirebon.com, Selasa (12/1).

Jajat menuturkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat memunculkan chemistry masyarakat bahwa Jamblang adalah bagian dari kota pusaka dan kota tua di Kabupaten Cirebon yang harus dilestarikan.

\"Di sisi lain, dengan adanya kegiatan ini bisa mengundang wisatawan untuk berkunjung berwisata ke kota tua Jamblang. Dan diharapkan pemerintah daerah untuk peduli dalam pelestarian kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cirebon,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: