Stok Whole Blood PMI Kosong

Stok Whole Blood PMI Kosong

CIREBON – Di masa pandemi, pendonor darah tak sebanyak biasanya. Hal ini menyebabkan tanggal 16 Januari hingga pukul 14.00 WIB, UDD PMI Kota Cirebon tak memiliki stok whole blood.

Bagian Layanan Klien Unit Donor Darah PMI Kota Cirebon, Hanur Suprata menuturkan dari data yang ada, stok darah hingga tanggal 16 Januari pukul 14.00 yakni packed red cells (PRC) tersedia 65 labu untuk golongan darah A, 33 labu golongan darah B, 16 labu golongan darah O, dan 39 labu golongan darah AB. Sementara untuk trombosit consentrate (TC) hanya tersedia 2 labu untuk golongan darah O dan 2 labu golongan darah AB. \"Untuk WB tak tersedia untuk semua golongan darah, juga TC tak tersedia untuk golongan darah A, dan B,\" jelasnya.

Ia menjelaskan sejak pandemi jumlah pendonor menurun. Utamanya saat weekend. Jika dahulu kegiatan donor dengan mobile bisa dilakukan 5 sampai 6 tempat di weekend, kini kegiatan hanya 1 di weekend karena masih adanya pembatasan aktivitas. \"Beberapa instansi yang kerap menggelar donor darah juga masih membatasi, kini yang rutin masih di kampung siaga namun jumlah yang didapatkan masih minim kisaran 20 labu saja,\" paparnya.

Untuk memenuhi stok darah PMI Kota Cirebon pun memberlakukan donor tukar. Pihaknya pun di hari Minggu (17/1) menggelar kegiatan donor darah di dua tempat untuk memenuhi stok darahnya. Pihaknya berharap masyarakat Cirebon bisa tetap mendonorkan darahnya meski di tengah pandemi. Protokol kesehatan pun tetap diterapkan dengan ketat dalam setiap kegiatan donor darah. \"Hari ini kami lakukan kegiatan donor darah di Kelurahan Kesenden dan RW 02 Karang Anyar Kesmabi,\" tukasnya.

Sementara itu, Asep salah satu warga Kota Cirebon yang ditemui sedang melakukan donor darah mengungkapkan pihaknya rutin melakukan donor. Hingga saat ini ia sudah puluhan kali melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali. \"Saya sudah 51 kali mendonorkan darah, badan merasa lebih fit,\" tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: