Kunjungi Terminal Harjamukti, Menhub Minta Gandeng Swasta

Kunjungi Terminal Harjamukti, Menhub Minta Gandeng Swasta

CIREBON - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengunjungi Terminal Harjamukti Kota Cirebon. Fasilitas ini sedang tahap pengembangan yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

Menhub berharap, Terminal Harjamukti dapat memberikan warna baru bagi Kota Cirebon. \"Desain warna baru terminal di hampir 100 kota di Indonesia. Saya mengapresiasi para direktur juga jajarannya yang telah melaksanakan pembangunan ini,\" ujar Budi Karya di Terminal Harjamukti, Jumat (12/3/2021).

Dalam kesempatan itu, dia berpesan agar desain terminal mengutamakan pelayanan. Jangan lupakan kearifan lokal. Sebab, hal itu menjadi sesuatu yang baik. Menhub juga berharpa termoinal dikelola kerja sama dengan swasta.

\"Saya ingin tiap terminal dapat membiayai diri sendiri. Misal 100 terminal butuh Rp20 miliar, berapa banyak yang harus dikeluarkan,\" tuturnya.

Sedangkan pemerintah juga harus membuat terminal, dermaga kecil di sungai-sungai di seluruh Indonesia. Dengan kerja sama menggandeng swasta, tentunya terminal akan bisa mandiri.

Seperti diketahui, hari ini Menhub memiliki beberapa agenda di Cirebon dan Brebes. Menhub tiba di Bandara Cakrabhuwana Cirebon menggunakan pesawat Kings Air 350i BBKFP.

Kemudian langsung meninjau Terminal Harjamukti. Di Terminal Harjamukti, dilanjutkan Peninjauan dan Display serta Simulasi Kendaraan Mobil Uji Berkala Keliling.

Menteri Perhubungan dan rombongan kemudian berangkat menuju Jembatan Timbang Brebes. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: