LKP EFC English Friendship Course Gelar Kenaikan Kelas

LKP EFC English Friendship Course Gelar Kenaikan Kelas

CIREBON - Lembaga Kursus Bahasa Inggris dan Komputer, LKP EFC English Friendship Course, yang beralamat di Desa Panjalin Kidul, Blok Mojok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, menggelar kenaikan kelas, beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut diisi dengan lomba cerdas cermat, pidato, debat, serta presentasi makalah tingkat SD, SMP dan SMA.

Pimpinan LKP EFC English Friendship Course, Sidik Supriyatno MPd mengungkapkan, konsep kenaikan kelas ditampilan dengan format yang berbeda. Hal ini dilakukan agar ada daya saing, minat, dan potensi yang siswa miliki. Diharapkan, dengan diadakannya kegiatan ini setiap tahun, daya tarik siswa terhadap pelajaran Bahasa Inggris meningkat.

\"Diharapkan, pelajaran yang dianggap sulit ini akan dianggap mudah, dan menjadi sebuah kebutuhan di masa yang akan datang,\" tutur alumni BEC Pare Jawa Timur tersebut.

Ada empat tahapan/level di kursusan Bahasa Inggris EFC, bagi yang ingin bisa menguasai Bahasa Inggris. Pendaftaran kursus di LKP EFC dibuka setiap hari. Belajar setiap hari Jumat sampai Minggu, dan juga menerima panggilan privat ke rumah/sekolahan bagi siswa yang tidak bisa datang ke tempat kursus.

Menurutnya, semua siswa dapat dibentuk untuk bisa berbicara Bahasa Inggris. Hanya saja, apakah ada kemauan pada siswa, keseriusan, dan dukungan dari berbagai pihak yaitu antara pendidik, siswa, orang tua, dan program yang mendukung. Tak jarang siswa ada keinginan untuk belajar, namun orang tua tidak mendukung. Adapula ada dukungan dari orang tua namun anaknya tidak mau.

\"Ada juga yang belajar hanya sekadar ingin tahu atau gengsi saja. Di pertengahan jalan, ia berhenti/ keluar, itu pun tidak akan berhasil,\" ungkapnya.

Lanjutnya, speaking dibentuk dari beberapa kosa kata. Disusun menjadi semuah kalimat dan disampaikan melalui lawan berbicara. “Apa yang akan kita sampaikan jika kosa kata kita tidak punya/sedikit. Oleh karena itu, di LKP EFC menerapkan hafalan kosa kata bagi pemula yang ingin bisa berbicara Bahasa Inggris, dan hasilnya sudah terbukti berhasil,” jelasnya.

Tak jarang, beberapa alumni LKP EFC menjadi juara dan unggul di sekolahnya. Menjadi juara umum speaking, writing, listening, reading, speech contest, quiz contest, debate contest, dan lain-lain.

Program ini berhasil diterapkan di LKP EFC selama 16 tahun. \"Kami harap program ini bisa terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Disertai dengan dukungan penuh dari berbagai belah pihak. Baik lembaga pengelola, pemerintah, dan masyarakat,\" tukasnya. (apr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: