Diet ala Influencer

Diet ala Influencer

CIREBON - Banyak penyebab mengapa orang ingin menurunkan berat badan. Mulai dari ingin menunjang penampilan, hingga faktor kesehatan. Salah satu cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet atau memperbaiki pola makan.

Sally Varsly, salah seorang influencer healthy lifestyle, di acara Talkshow Live Instagram CommStride menyampaikan  mengenai pola pikir dan motivasi saat melaksanakan diet. Menurut Sally, beberapa kebiasaan yang dijalani setiap hari justru membuat sulit menurunkan berat badan. Hal ini kemudian membentuk persepsi bahwa diet adalah hal yang sulit dilakukan.

Bagi sebagian orang, kata Sally, diet sangat ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi tidak sedikit pula orang yang tetap kesulitan menurunkan berat badan walaupun sudah melakukan diet ketat. Justru kegagalan diet kerap terjadi dikarenakan kurangnya pengetahuan, informasi, motivasi, serta niat yang kuat terhadap tujuan diet itu sendiri.

“Akan sangat baik jika disertai dengan pola pikir bahwa diet adalah investasi kesehatan jangka panjang, bukan hanya sebagai beban. Sehingga, kegiatan diet dapat berlangsung maksimal dan efektif,” ujarnya.

Menurut Sally, sudut pandang masyarakat mengenai diet masih sering keliru. \"Pola pikir melakukan diet sering dianggap hanya untuk menurunkan berat badan. Padahal, diet idealnya bertujuan untuk menyehatkan tubuh,” terangnya.

Bagi Sally, diet yang benar itu pengaturan porsi makan sesuai kebutuhan tubuh, baik makro ataupun mikro nutrisinya. Dalam mengatur pola makan ini, harus mengenal sumber gizi, seperti protein, karbohidrat, dan serat terlebih dahulu, sehingga dapat menentukan pola diet yang sesuai.

Tidak berhenti di situ, Live Instagram yang diikuti 347 audience ini juga menjawab pertanyaan mengenai metode diet sesuai dengan kebutuhan metabolisme tubuh. Pedoman gizi seimbang harus menjadi dasar dalam melakukan diet menurut Sally Varsly. Makanan dengan gizi seimbang harus dikonsumsi dengan baik sesuai dengan porsi dan kebutuhannya, bukan sekadar mengurangi konsumsi kalori yang malah akan berdampak buruk pada kesehatan fisik maupun mental.

\"Arti diet yang sebenarnya bukanlah menurunkan berat badan, tetapi mengatur pola makan. Jadi, diet sehat adalah mengatur pola makan dengan nutrisi yang seimbang,\" tandasnya.

Selain menjelaskan tentang definisi diet sehat itu sendiri, Sally juga memberi tips-tips bermanfaat tentang menjaga pola hidup yang sehat dan bagaimana cara menjalani diet sehat tanpa merasa tersiksa.  “Padahal, diet itu sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Jika sudah menjadi kebiasaan, diet itu harus seimbang dan jangan sembarangan dilakukan,\" ujar Sally.

Sally memberi pesan penting bahwa diet harus sesuai dengan mindset dan kebutuhan tubuh. Serta jangan sembarangan memilih jenis diet karena harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh.

Karena pembahasannya yang sangat menarik, Instagram Live ini ditonton oleh 347 pengguna Instagram. CommStride 2021 sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University. Berinisiatif mengambil tema tentang Healthy Lifestyle, CommStride kali ini berharap dapat memberikan edukasi maupun informasi baru serta faktual tentang gaya hidup yang sehat di tengah pandemi ini kepada masyarakat. Mengadakan berbagai macam kegiatan dan berbagai rangkaian acara, info lengkap tentang CommStride 2021 dapat dilihat di website commstride.com dan berbagai akun media sosial CommStride. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: