DPKUKM dan PT Forisa Fasilitasi Pelatihan UKM

DPKUKM dan PT Forisa Fasilitasi Pelatihan UKM

CIREBON – Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon bersama PT Forisa bekerja sama melakukan pelatihan kepada pelaku UMKM, kemarin. Pelatihan yang digelar di Kantor DPKUKM, Jl Cipto Mangunkusumo itu dibagi dua sesi. Tiap sesinya diikuti 20 orang.

Sesi pertama dimulai pukul 9 pagi, yakni bagi pelaku UKM secara umum di Kota Cirebon. Sesi kedua dimulai pukul 1 siang atau khusus bagi UKM binaan yang terdaftar di DPKUKM. Tiap sesi berlangsung 2 jam.

PT Forisa bertindak selaku supplier dalam pelatihan kemarin. Terutama menyediakan produk dessert. Area Promotion Supervisior Wilayah Jawa Barat 2 PT Forisa, Rion Andriadi mengatakan, PT Forisa dan DPKUKM berkomitmen untuk sama-sama andil mengembangkan UKM agar bisa menciptakan peluang usaha baru. Khususnya hidangan penutup.

Kesempatan kemarin, PT Forisa juga melakukan edukasi secara langsung cara membuat dessert tersebut. Seperti cara membuat jelly art, brownis kukus, brownis lumer dan sebagainya. Termasuk menggali peluang bisnis yang bisa diperkaya melalui dessert yang telah dibuat.

“Kita fasilitasi UKM untuk tetap menghasilkan produk dengan bahan yang murah namun tetap berkualitas,” kata Rion.

Banyak produk PT Forisa yang bisa dimanfaatkan. Seperti nutricake brownies dengan 4 varian: red velvet, mocca, keju dan cokelat. Kemudian silky pudding dengan 6 varian: peach, biscuit, taro, avocado, cokelat dan bubble.

Tiap UKM yang hadir juga berhak menerima bingkisan. Yakni 2 produk nutricake. Serta free loyang dan cetakan silky pudding untuk memudahkan membuat pudding tersebut. Tiap paket tersebut dijual Rp45 ribu. Namun kemarin ada promo khusus. Bisa dibeli seharga Rp35 ribu atau diskon Rp10 ribu dari harga normal.

“Karena saat ini UMKM terkendala biaya ketika mereka ingin membuka usaha. Sehingga mereka untuk melangkah membuat usaha baru takut karena budgetnya kurang,” jelasnya.

Dari situ PT Forisa hadir. Dengan melakukan edukasi. Yaitu bagaimana caranya membuat dessert dengan biaya cukup murah dan efektif. “Sehingga peluang bisnis mereka di saat ramadan seperti ini bisa berkembang dan UMKM semakin maju,” paparnya.

Kepala DPKUKM Kota Cirebon Maharani Dewi merespons dengan baik kerja sama yang terjalin. Dia berharap, ke depan, UKM lokal dapat lebih berkembang dan maju dengan produk dari PT Forisa yang sudah terpercaya. Serta melalui kerja sama itu, kata Maharani, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan teman-teman UKM yang dapat mensejahterakan kehidupan masing-masing.

“Kalau UKM ini tidak bisa menjual ke luar, minimal ya untuk keluarga sendiri. Untuk berbuka dan sahur saat Ramadan,” pungkasnya. (ade/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: