Banyak OTDP Berkeliaran, Pemkot Cirebon Bangun Rumah Singgah

Banyak OTDP Berkeliaran, Pemkot Cirebon Bangun Rumah Singgah

CIREBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon bakal membangun selter atau rumah singgah di tahun 2021 bagi orang telantar dalam perjalanan (OTDP). Karena OTDP banyak berkeliaran di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon Hj Santi Rahayu, Rabu (21/4).

\"Yang menjadi alasan kuat kami (Pemkot Cirebon, red) membangun selter ini karena OTDP di Kota Cirebon banyak sekali. Tahun lalu saja OTDP di Kota Cirebon mencapai 869 orang. Biasanya mereka datang ke kantor kita untuk penanganan selanjutnya,” ungkapnya.

Menurut Hj Santi, pembangunan selter tersebut tidak terkena refocusing anggaran.

\"Alhamdulillah kami beruntung sekali tidak terkena refocusing anggaran. Sehingga selter ini bisa dibangun tahun ini juga, lokasinya tepat di belakang kantor DSPPPA,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Sosial DSPPPA Kota Cirebon Tomi Setiawan mengatakan, tiap hari selalu ada OTDP yang mendatangi kantor DSPPPA.

“Tiap hari itu pasti ada saja yang datang, kadang di bawah lima orang atau saat ada Muludan di Cirebon biasanya datang sampai 10 orang, mereka datang karena kehabisan ongkos,” katanya.

Menurut Tomi, pelayanan di DSPPPA dilakukan selama 24 jam. Sehingga jika ada OTDP yang datang pada malam hari tetap dilayani.

“Hanya ya itu risikonya, mereka tidur di depan kantor bagi laki-laki atau bagi perempuan yang bawa anak ada ruangan di dalam. Dengan adanya selter tentu akan membantu mereka untuk sekedar istirahat sebelum mendapatkan penanganan dari kita,” pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: