Juli Belajar Tatap Muka, Kota Cirebon Masih Lihat Situasi

Juli Belajar Tatap Muka, Kota Cirebon Masih Lihat Situasi

CIREBON – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil optimis Juli 2021 belajar tatap muka bisa dilakukan. Kendati demikian, Pemerintah Kota Cirebon belum membuat keputusan kapan sekolah kembali dibuka.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon juga belum memutuskan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Juli 2021.

“Tetap hukum tertingginya adalah keselamatan siswa dan guru di sekolah,” ujar Kepala Seksi GTK Disdik Kota Cirebon, Toto Haryanto Spd, kepada radarcirebon.com, Kamis (27/5/2021).

\"Tidak boleh ada klaster covid di sekolah, karena ini menyangkut generasi penerus,\" imbuh dia.

Terkait PTM, Toto mengungkapkan, disdik sudah memiliki petunjuk teknis. Namun, tetap keputusan pembelajaran tatap muka kembali kepada situasi penyebaran covid-19 di Kota Cirebon.

Sebab, apapun keputusan yang diambil nantinya, adalah pertimbangan terbaik. Termasuk meneruskan opsi PJJ atau memutuskan tatap muka.

Toto mengungkapkan, PJJ di Kota Cirebon mendapatkan apresiasi di tingkat nasional, tetapi tidak bisa mengalahkan PTM yang ada interaksi siswa dan guru.

\"Kegelisahan masyarakat, Pak Wali menangkap dengan baik. Tapi intinya adalah bagaimana faktor keselamatan,\" katanya.

Terkait kesiapan PTM, sekolah sudah mengadaptasi dan tingkat pemenuhan juknis sudah 80 persen di tingkat TK hingga SD. Sementara SMP diharapkan sudah 100 persen.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov Jabar) tengah berupaya melaksanakan vaksinasi terhadap guru.

Tujuannya agar PTM bisa digelar. “Itu terus kita tingkatkan sebagai syarat untuk para guru melaksnakan KBM, yaitu vaksinasi,” ucap Emil di Kota Bandung, Senin (24/5).

Di samping itu, ia mengaku sedang mengkaji lebih lanjut daerah masa saja yang sedang di zona kuning dan hijau. Setelah itu simulasi tatap muka akan digelar.

“Kalau sudah, apabila di zona kuning dan hijau kita akan ekspresimenkan secepatnya. Karena menurut saya dengan pengendalian Covid di Jabar relatif bisa dilakukan,” katanya.

Ia optimis KBM tatap muka di tahun ajaran baru akan dilakukan. Pasalnya, Satgas Covid-19 Jabar terus berupaya untuk menekan penyebaran di Jabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: