Buaya Sebesar Jok Motor Kembali Muncul di Bantaran Bengawan Solo, Warga Temukan Puluhan Butir Telur

Buaya Sebesar Jok Motor Kembali Muncul di Bantaran Bengawan Solo, Warga Temukan Puluhan Butir Telur

SURABAYA - Setelah sekian lama, buaya kembali muncul di bantaran Sungai Bengawan Solo, Lamongan, Jawa Timur. Penampakan reptil ini membuat geger. Sebelumnya, warga juga menemukan puluhan telur buaya.

Bengawan Solo, sungai terpanjang di Jawa. Daerah hulu berada di Wonogiri, Jawa Tengah, sementara hilirnya di Gresik, Jawa Timur.

Camat Maduran, Harwah Yutama mengungkapkan, di wilayahnya kemunculan buaya baru pertama kali terjadi.

Mengenai video yang viral di media sosial, dia membenarkannya. Video itu diambil seorang warga yang mengetahui keberadaan buaya tersebut.

\"(Sudah) seminggu atau 2 minggu yang lalu. Tapi baru viralnya,\" ungkap dia, kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Harwah menyebut, selama ia bertugas di Kecamatan Maduran belum pernah ada laporan soal penampakan buaya. Artinya, penampakan buaya ini baru pertama kali terjadi di wilayahnya.

Dari laporan masyarakat, tambah Harwah, ada 2 buaya yang menampakkan diri di bantaran Sungai Bengawan Solo di Desa Parengan.

Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Pemkab Lamongan terkait tindak lanjut penanganan, soal laporan penampakan buaya ini.

\"Yang pertama muncul itu ukurannya sedang, tidak terlalu besar, seperti masih anakan. Terus muncul lagi yang besar, lebih besar dari jok sepeda motor,\" kata Latif.

Sebelumnya, pada Kamis (11/2/2021), warga di Desa Prijekngablak, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan menemukan telur buaya.

Diduga, telur ini milik buaya penghuni Bengawan Mati. Jumlah telur yang ditemukan lebih dari 20 butir dan berada di daratan. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: