Sebut Kepemimpinannya Berhasil, SBY: Sejarah Membuktikan

Sebut Kepemimpinannya Berhasil, SBY: Sejarah Membuktikan

JAKARTA – Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenang momen 17 tahun yang lalu pada tahun 2004. Dia mengikuti sidang terbuka untuk gelar doktor dari ITB.

“Saya masih ingat disertasi yang saya tulis, saya persiapkan judulnya atau temanya upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan pengangguran dengan menggalakkan pembangunan pertanian perdesaan dan infrastruktur dari sisi ekonomi, politik, kebijakan fiskal,” kata SBY dalam acara promosi doktor anaknya, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Kamis (10/6).

SBY mengatakan, disertasinya itu dia terapkan semasa menjadi presiden RI. Dia menuturkan, setelah kepemimpinannya berakhir, angka kemiskinan dan pengangguran turun secara signifikan. Demikian pula pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

“Alhamdulillah, sejarah membuktikan kalau dulu setelah selesai memimpin, pengangguran kita drop, kemiskinan kita drop secara signifikan, dan pertumbuhan meningkat dengan baik. Saya kira di samping izin Allah, dukungan rakyat Indonesia, IPB juga memberikan andil terhadap penyiapan itu,” ujarnya.

“Bahwa salah satu mahasiswanya dengan disertasi seperti itu, setelah saya berkuliah 3 tahun akhirnya menjadi bagian utama dari economy policy di negeri kita,” lanjut SBY.

Menurut SBY, selama 10 tahun memimpin Indonesia, Ia menerapkan strategi yang disebut dengan four track strategy yakni pro pengangguran, kemiskinan hingga pertumbuhan ekonomi. Hal itu menjadi pokok pemikirannya dalam disertasi yang dia tulis.

“Kandungan dari disertasi saya itu akhirnya selama 10 tahun menjadi elemen utama dari kebijakan ekonomi Indonesia. Semua tahu kebijakan ekonomi yang saya jalankan dulu adalah four track strategic yaitu kebijakan dan strategi pembagunan ekonomi yang pro pertumbuhan, pro pengurangan, pro pengurangan kemiskinan dan tentunya pro pemeliharaan lingkungan,” jelas SBY.

“Saya bersyukur sungguh bersyukur karena 2,3 bulan setelah ujian terbuka waktu itu Allah takdirkan saya, rakyat Indonesia berikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin negeri ini,” pungkasnya. (dal/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: