Produksi Pakan Nasional Ditarget 13 Juta Ton

Produksi Pakan Nasional Ditarget 13 Juta Ton

INDUSTRI perikanan budidaya baik air tawar maupun air payau menargetkan produksi pakan nasional di tahun 2024 mencapai 12 hingga 13 juta ton. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan kebutuhan industri perikanan.  Sebab, hingga tahun 2024, dapat diperikirakan, produksi perikanan budidaya secara nasional mencapai 22,65 juta ton, dimana 41 persennya ialah ikan dan udang.

Digenjotnya target produksi pakan untuk industri perikanan bukan tanpa alasan, Sebab, produsen pakan komersial sampai saat ini masih banyak menggunakan bahan baku impor, bahkan mengimpor pakan ikan dan udang.

“Tentu untuk mewujudkan target tersebut, masalah pakan ikan harus diselesaikan. Selama ini, pembudidaya ikan level kecil masih menganggap harga pakan pabrikan cukup mahal dan menjadi faktor penghambat perkembangan usaha karena keuntungannya sangat kecil,” kata ,” ujar peneliti Balai Riset Buididaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan Usman dalam webinar, Sabtu (19/6/2021).

Menurut Usaman, salah satu upaya menekan harga pakan ini ialah dengan memanfaatkan bahan baku lokal untuk pembuatan pakan mandiri.

“Bahan baku lokal ini menyebar di beberapa daerah sentra budidaya khususnya di daerah yang lokasinya relatif terpencil,” pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: