Pandemi Harus Diakhiri! 1,62 Juta Jadi Pengangguran, Capaian PPKM Darurat Masih Jauh dari Target

Pandemi Harus Diakhiri! 1,62 Juta Jadi Pengangguran, Capaian PPKM Darurat Masih Jauh dari Target

Pemerintah mengambil kebijakan PPKM Darurat untuk menekan penyebaran covid-19. Langkah ini, tidak menutup kemungkinan diperpanjang 4 - 6 minggu, mengingat penularan masih sangat tinggi.

LANGKAH untuk membatasi pergerakan masyarakat, sejauh ini ditempuh dengan penutupan akses hingga pemadaman PJU.

Juga meningkatkan testing, tracing dan vaksinasi di tengah pelaksanaan PPKM darurat. Namun sejauh ini, lonjakan kasus masih terus terjadi.

Bahkan ada di titik tertinggi yakni, 40.427 penambahan kasus covid-19 harian pada tanggal 12, Juli 2021.

Atau pada 14 hari terakhir, rata-rata pasien positif bertambah 30.831 orang setiap harinya. Melonjak dibandingkan rerata 14 hari sebelumnya yaitu 15.461 orang per hari.

Sementara PPKM Darurat ditargetkan mampu menekan kasus harian berada di kisaran 10 ribu. Dengan penekanan mobilitas masyarakat hingga 50 persen.

Target ini juga masih jauh untuk tercapai. Mengutip data Apple Mobility Index, indeks mobilitas masyarakat Indonesia dengan mengemudi per 11 Juli 2021 adalah 77,45.

Artinya, mobilitas masih 77,45% dari kondisi normal di mana 13 Januari 2020 yang menjadi patokan.

Kemudian dari data yang dipaparkan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mobilitas masyarakat di Jabar hanya turun 10-20 persen.

Penurunan tersebut membuat Jabar ada di kategori merah. Sebab, angka penurunan mobilitas PPKM darurat menggunakan empat zonasi warna, yakni 10 persen kategori hitam, 10-20 persen kategori merah, 20-30 persen kuning dan hijau di atas 30 persen.

Karenanya, tidak menutup kemungkinan bahwa kebijakan ini akan diperpanjang setelah 20 Juli 2021. Mengingat skenario pemerintah adalah penerapan PPKM darurat selama 4-6 minggu ke depan.

Seperti yang terungkap dalam presentasi rapat Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: