Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma, Andi Lie: Manfaatnya Banyak

Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma, Andi Lie: Manfaatnya Banyak

CIREBON – Komisi III DPRD Kota Cirebon mengajak penyintas Covid-19 mendonorkan plasma konvalesen demi membantu penderita Covid-19 yang masih berjuang untuk sembuh.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Komisi III DPRD Kota Cirebon, Andi Riyanto Lie kepada radarcirebon.com, Kamis (15/7).

\"Kalau memang ini dibutuhkan oleh penderita Covid-19 yang belum sembuh, pemerintah harus lebih gencar lagi melakukan sosialisasi ke masyarakat,\" ujarnya yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kota Cirebon itu.

Andi menjelaskan, antibodi di dalam plasma konvalesen berfungsi untuk eliminasi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bukan untuk memperbaiki  kerusakan organ vital. Ia pun membeberkan sejumlah manfaat yang didapatkan setelah donor plasma konvalesen.

“Karena saya juga penyintas Covid-19, saya juga mendonorkan plasma konvalesen dan manfaatnya banyak. Diantaranya kita bisa skrining kesehatan, skrining penyakit menular, antibodi bertahan lama, dan membantu dalam hal kemanusiaan di kondisi seperti sekarang,” jelasnya.

Adapun alur untuk mendapatkan terapi plasma konvalesen yakni, menurut Andi, dokter penanggungjawab wajib membuat surat permohonan plasma konvalesen ke Palang Merah Indonesia (PMI). Kemudian, koordinasi dengan PMI sesuai dengan prosedur yang berlaku.

\"Setelah itu, plasma konvalesen yang sesuai akan disediakan dan terapi plasma konvalesen diberikan kepada pasien yang membutuhkan,\" ujarnya.

Andi mengakui saat ini peralatan untuk donor plasma konvalesen di PMI Kota Cirebon belum memadai. Untuk itu, ia meminta kepada Pemerintah Kota Cirebon agar bisa memfasilitasi.

“Peralatannya belum memadai, jadi dalam pelaksanaannya pun belum maksimal. Semoga Pemkot Cirebon bisa lebih aware dan bisa memfasilitasi ini,” harapnya.

Seperti diketahui, plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh. Kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: