Kota Cirebon Percepat Vaksinasi

Kota Cirebon Percepat Vaksinasi

PEMERINTAH Kota Cirebon akan terus melakukan percepatan langkah vaksinasi bagi masyarakat umum, lansia, petugas publik dan kesehatan, serta remaja. Guna melaksanakan percepatan tersebut, Pemkot Cirebon berencana bekerja sama dengan sejumlah elemen untuk menyiapkan kegiatan vaksinasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengungkapkan, rencananya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan mengirimkan secara besar-besaran vaksinasi untuk Kota/Kab di Provinsi Jabar pada bulan Agustus 2021. Sehingga, rencananya nanti akan digalakkan vaksinasi di semua puskesmas.

“Kita akan menyiapkan 22 puskesmas untuk jadi sentra vaskinasi mengejar ketertinggalan yang lansia dan masyarakat umum. Nantinya juga kita akan siapkan titik-titik lain untuk dijadikan sebagai pusat vaksinasi guna mempercepat program nasional dan herd immunity,” ujar sekda.

Sejauh ini, Kota Cirebon berada di angka 30 persen dari total penduduk dan menduduki peringkat kedua se-Jawa Barat. Sementara untuk penyelesaian Kota Cirebon baru bisa mencapai herd immunity pada bulan Agustus 2022.

“Kita juga mengakomodir dari komunitas dari BIN, Kadin, dan juga yang lainnya. Diharapkan juga fasilitas RS dan klinik bisa membantu. Untuk jalur TNI-Polri bisa membantu vaksinasi remaja. Untuk sentra vaksinasi itu ada beberapa titik yang sudah kami persiapkan seperti di Gedung BKKBN dan Grage City Mall,” tandas Sekda.

Menurut Agus, Pemkot Cirebon tidak akan menggunakan gedung sekolah untuk dijadikan lokasi pusat vaksin. “Kita sudah tetapkan dan gedung sekolah tidak masuk. Kita maksimalkan yang ada. Untuk puskesmas nanti kita atur jadwal dari RW,” katanya.  (jerrell)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: