RS Sumber Kasih Kembali Salurkan Bantuan

RS Sumber Kasih Kembali Salurkan Bantuan

CIREBON – Sejumlah puskesmas yang ada di Kota Cirebon mendapatkan bantuan alat kesehatan, multivitamin, hingga hand santizer yang merupakan program CSR dari RS Sumber Kasih Cirebon.

Bantuan tersebut setidaknya diberikan kepada 8 puskesmas yang ada di sekitar RS Sumber Kasih dengan harapan bisa membantu penanganan Covid-19 di fasilitas kesehatan tingkat terrendah.

Bantuan alat kesehatan yang diberikan juga kepada puskesmas merupakan alat-alat yang saat ini diperlukan sekali oleh puskesmas untuk penanganan Covid-19 apalagi dalam masa kasus yang masih tinggi. Sehingga, alat-alat ini dapat mendukung program pemerintah yakni 3T.

Dalam kesempatan kali ini, RS Sumber Kasih kembali menyerahkan bantuan kepada 3 puskesmas yang didistribusikan secara langsung dan dihadiri oleh Direktur RS Sumber Kasih, dr Lucia Dewi Puspitasari MM. Tiga puskesmas yang didatangi langsung diantaranya adalah Puskesmas Pesisir, Puskesmas Nelayan, dan Puskesmas Kejaksan.

Di sela-sela pemberian bantuan tersebut, Kepala Puskesmas Kejaksan, dr Eti Dewi Mutiara S mengungkapkan bahwa bantuan-bantuan yang diberikan dari RS Sumber Kasih merupakan alat kesehatan yang saat ini diperlukan oleh puskesmas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada RS Sumber Kasih atas perhatian dan supportnya kepada nakes di Puskesmas Kejaksan. Bantuan Alat kesehatan ini sangat diperlukan di Puskesmas untuk penanganan covid-19,” ujar Dewi kepada Radar Cirebon, Jumat (6/8).

Bantuan-bantuan tersebut diantaranya berupa masker, thermometer, hingga alat pemeriksaan antigen yang nantinya akan digunakan secara maksimal untuk keperluan penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.

“Untuk ketersediaan sebelum mendapatkan bantuan CSR ini memang melihat kondisi di lapangan. Begitu ada penambahan pasien kita harus stok. Tapi sekarang untuk 1-2 bulan kedepan kita tidak menyetok terlebih dahulu,” tangkas Dewi.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Pesisir, dr Indrarani Dwi Putranti yang mengatakan bahwa puskesmas memang membutuhkan alkes tersebut utamanya penanganan bagi pasien Covid-19.

“Jujur kami di sektor kesehatan, terutama di Puskesmas memang sangat membutuhkan alat-alat kesehatan tersebut. Apalagi banyak yang harus diisolasi mandiri di rumah, sehingga membutuhkan banyak lagi alat kesehatan. Seperti oximeter yang harus dipinjamkan dari rumah sakit,” ujar Indrarani.

“Itu sangat penting yah, sehingga alat-alat kesehatan ini sangat membantu untuk menilai kondisi perbaikan dan perburukan pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah. Bantuan ini sangat membantu sekali,” tangkas Indrarani.

Sementara itu, Direktur RS Sumber Kasih, dr Lucia Dewi Puspitasari MM menjelaskan bahwa memang, sebelumnya ada permintaan terkait alat kesehatan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak puskesmas masing-masing apa yang dibutuhkan.

“Memang yang sangat dibutuhkan adalah swab antigen yang jumlahnya sangat terbatas. Jika masyarakat harus periksa keluarkan kan harga lumayan yah, apalagi oximetri sangat dibutuhkan untuk memantau pasien terkonfirmasi positif covid-19,” sambung Lucia.

Atas dasar itu, kata Lucia, bantuan alat kesehatan yang diberikan sangat penting. Ditambah juga dengan alat pengukur suhu portabel untuk di pintu masuk Puskesmas yang bisa mengurangi kontak langsung dengan pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: