China Kembangkan Nyamuk Mandul, untuk Cegah Penularan Penyakit

China Kembangkan Nyamuk Mandul, untuk Cegah Penularan Penyakit

DI China, penularan penyakit dikendalikan lewat nyamuk. Bagaimana bisa? Ya, peneliti di negeri Tirai Bambu itu berhasil memanfaatkan teknologi nuklir untuk tujuan baik.

Yaitu, mengendalikan perkembangbiakan nyamuk yang bertujuan mengendalikan penyakit meular.

Caranya unik. Para peneliti menggunakan radiasi untuk mematikan kapasitas reproduksi nyamuk jantan yang akan dilepaskan kembali.

Setelah dilepaskan, jantan mandul ini akan kawin dengan betina liar tanpa menghasilkan keturunan.

Badan Energi Atom Internasional telah memuji penelitian anti-nyamuk yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Nuklir dari Otoritas Energi Atom China (CAEA), yang didirikan dalam kemitraan dengan Universitas Sun Yat-sen pada tahun 2020.

“Sebagai contoh penerapan teknologi nuklir hijau, teknik nyamuk steril memiliki efektivitas yang kuat dan tahan lama, tanpa polusi kimia yang membahayakan hewan lain atau resistensi obat pada nyamuk,” menurut direktur pusat tersebut, Wu Zhongdao, seperti dikutip RMOL dari Global Times.

Wu mencatat bahwa ini adalah satu-satunya teknologi biologis modern yang memiliki potensi untuk membasmi nyamuk tertentu di suatu wilayah dan mengendalikan penularan penyakit.

Selain pusat penelitian CAEA, Universitas Sun Yat-sen juga mendirikan ‘pabrik nyamuk’ untuk memproduksi nyamuk steril secara massal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: