Musim Hujan Tiba, Inilah Komponen Penting Mobil Anda yang Harus Dicek

Musim Hujan Tiba, Inilah Komponen Penting Mobil Anda yang Harus Dicek

CIREBON – Hujan deras hampir setiap hari mengguyur Kota Cirebon dan sekitarnya, diprediksi kondisi seperti ini akan berlangsung sepekan kedepan.

“Prediksi akan terjadi sampai puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2022,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fahri Radjab di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Tentu saja situasi ini perlu waspada, apalagi bagi anda yang setiap hari beraktivitas dengan kendaraan roda empat.

Ketika musim hujan, mobil membutuhkan perawatan ekstra. Pasalnya, bagi pengendara membutuhkan kesiapan kendaraan yang baik saat memasuki musim hujan.

Hal itu untuk memastikan agar pengemudi tidak mengalami masalah saat berada di jalan. Bagi pengedara bisa melakukan pengecekan beberapa komponen mobil yang menunjang aktivitas berkendara di musim hujan.

Nah, menghadapi musim hujan berikut beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa. Demikian keterangan tertulis Auto2000, Senin (6/12/2021).

1. Ban

Salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan adalah ban, tugasnya sangat berat dan tanpa kompromi. Bidang kontak ban dengan jalan sangat terbatas dan harus berputar setiap saat, saat bersamaan kinerjanya menurun saat jalan licin.

Lakukan pengecekan rutin dengan prioritas utama pada tekanan ban. Sebab, tekanan ban yang pas memastikan telapak ban mendapatkan daya cengkeram yang optimal ke aspal jalan, khususnya di jalan licin.

Periksa ketebalan telapak ban via Tread Wear Indicator (TWI) di alur telapak ban. Kemudian bersihkan telapak ban dari kerikil agar tidak mengganggu kinerja ban.

2. Kaki-Kaki

Sistem suspensi lemah, seperti karet bushing shock absorber yang pecah atau bahkan peredam kejutnya rusak, akan membuat mobil susah kendali dan mengurangi kenyamanan penumpang.

Sementara sistem kemudi yang bermasalah juga membuat sulit untuk mengendalikan arah mobil. Jangan lupa melakukan spooring dan balancing untuk menjaga kondisi ban dan kaki-kaki mobil.

3. Wiper

Cek karet wiper. Sebab karet wiper yang getas juga memiliki potensi menimbulkan baret yang sangat mengganggu di kaca mobil. Jangan lupa memeriksa wiper belakang dan mengisi tabung air pembersih kaca supaya tidak bermasalah ketika butuh.

4. Sistem Rem

Rem bekerja ekstra berat saat musim hujan karena jalan yang licin. Oleh sebab itu, pastikan kampas rem beserta piringan cakram atau teromol dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran di sistem rem mengingat perannya yang sangat penting. Jangan lupa isi tabung minyak rem dan lakukan pengurasan kalau sudah waktunya untuk menjaga kinerja rem.

5. Kelistrikan dan Lampu

Tugas sistem kelistrikan bertambah berat ketika hujan turun. Seperti harus mendukung operasional AC, wiper, audio, dan lampu secara bersamaan. Oleh sebab itu, periksa sistem kelistrikan seperti aki, alternator, kabel-kabel, sekering dan konektor untuk memastikan kondisinya baik dan layak operasi.

Saat hujan deras, lampu mobil mempunyai tugas yakni membantu untuk melihat kondisi jalan di depan dan memastikan pengguna jalan lain bisa melihat mobil lain dengan baik. (jun/ddy/jpnn)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: