Refleksi Akhir Tahun 2021 “Di Balik Profesi Ojek Online”

Refleksi Akhir Tahun 2021 “Di Balik Profesi Ojek Online”

OLEH: Ahyaruddin*)

LAYANAN dalam moda transportasi umum berbasis online, menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia. Bahkan, masyarakat cenderung seakan ketergantungan terhadap penggunaan fasilitas yang disediakan perusahaan platform digital.

Tak hanya praksis, para pengguna merasa nyaman, cepat, mudah dan diuntungkan dengan penawaran discount (promo) yang ditawarkan perusahaan transportasi dalam jaringan (Daring) tersebut. Beberapa fitur menyuguhkan layanan yang sangat memanjakan masyarakat pengguna secara instans, mulai dari service, kecepatan hingga kepuasan bagi mereka para pengguna.

Namun, di balik itu semua terdapat usaha keras seorang driver ojek online yang setia memenuhi setiap kebutuhan pengguna. Menjadi seorang driver di perusahaan platform digital tidaklah mudah. Bekerja sebagai mitra driver di perusahaan-perusahaan \"ride hailing\" selalu dihadapi berbagai tantangan dan rintangan. Demi mencari nafkah bagi keluarga, mereka harus siap sedia berjibaku di jalanan sehari-hari, apa pun kondisi alam (cuaca maupun lingkungan) ketika itu.

Sebagai mitra driver, mereka terbiasa bekerja di bawah terik panasnya matahari. Di musim penghujan pun demikian, mereka terpaksa menerjang derasnya hujan demi menghantarkan pesanan pelanggan, baik itu pengiriman barang, pesanan food atau layanan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: