Terus Berkarya di Bidang Seni Bersama Gasemapat

Terus Berkarya di Bidang Seni Bersama Gasemapat

PADA umumnya, kebanyakan dari sekolah-sekolah memiliki ekstrakulikuler yang bertumpu pada bidang seni. Memang pada dasarnya, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa seni merupakan bidang yang banyak diminati oleh kalangan anak muda. Entah itu seni musik, seni tari, seni menggambar,  ataupun seni teater. Banyaknya cabang seni membuatnya memiliki potensi yang tidak terbatas untuk dikembangkan. Seperti halnya salah satu sekolah di Kota Cirebon, yaitu SMAN 4 kota Cirebon. Mereka memiliki ekstrakurikuler seni yang terbilang cukup sukses.

Esktrakurikuler yang mempunyai nama resmi Gasemapat ini diketuai oleh siswi bernama Kinanti Ayuningtias dan dibina oleh Dedi Mulyadi, S.Sn. Siswi yang kerap disapa Kinan ini sudah bergabung dengan gasemapat sejak ia masuk ke sekolah SMAN 4 Kota Cirebon, lalu ia sudah menjadi ketua sejak dua bulan yang lalu. Ia beralasan, menjadi ketua merupakan hal yang berguna baginya daripada waktunya dipakai untuk kegiatan yang tidak jelas. “Saya mau mempergunakan waktu saya untuk hal-hal yang berguna supaya nggak main dan nongkrong nggak jelas. Akhirnya setiap kali ada perwakilan ekskul untuk acara sesuatu, saya berpatisipasi ikut dan akhirnya saya dipilih jadi kandidat untuk menjadi ketua,” ucapnya.

Gasemapat sendiri mempunyai tiga cabang seni di dalamnya. Antara lain seni teri, seni musik, dan seni teater. Dengan adanya tiga cabang seni ini diharapkan untuk para anggotanya dapat mengeluarkan dan menyalurkan bakat masing-masing dengan maksimal. Untuk tahun ini, gasemapat sendiri sudah menmpunyai 67 anggota termasuk Kinan, walaupun terkadang tidak semua anggota dapat hadir dalam setiap kegiatannya.

BACA JUGA:Didatangi Berbagai Komunitas, Tebing Alam Batulawang Kembali Menggeliat

Kegiatan rutin yang dilakukan dalam ekstakurikuler ini yakni ada latihan rutin dua kali dalam seminggu. Selain itu ada juga kegiatan resminya seperti berpartisipasi dalam lomba-lomba di luar maupun di dalam sekolah, dan juga gasemapat kali ini berencana mengadakan bakti sosial pada bulan Maret mendatang.

Seperti organisasi lainnya, gasemapat juga memiliki tujuan yang akan dicapainya, yaitu mewujudkan ekstrakurikuler seni SMAN 4 Kota Cirebon menjadi ekstrakurikuler yang lebih produktif serta kreatif. Adapun misi yang dilakukan untuk menggapai tujuan atau visi tersebut seperti yang dituturkan Kinan, “Misi Gasemapat itu ada 3, yaitu menjalin hubungan antar anggota yang lebih professional dan harmonis, melaksanakan program kerja yang kreatif dan inovatif, dan mewujudkan ekstrakurikuler ini sebagai wadah kreativitas siswa siswi SMAN 4 Cirebon,” tuturnya.

Selalu mengingat pesan dari pembinanya untuk gasemapat agar berjalan dengan semestinya serta menjaga komunikasi dengan pembina, walau kenyataannya Kinan berpendapat masih banyak kekurangan yang dimiliki Gasemapat karena kurang adanya bimbingan dan pengarahan. Meskipun begitu Kinan tetap memiliki harapan yang besar pada Gasemapat. “Saya harap semua program kerja bisa terlaksanakan dan bisa melaksanakan program kerja tahun kemarin, serta untuk kedepannya saya ingin kinerja anak-anak gasemapat lebih baik lagi. Bisa meraih prestasi di sekolah maupun luar sekolah serta lebih kreatif lagi,” tutupnya. (Herdi/Susan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: