DPRD Dorong Realisasi Pelayanan E-KTP di Semua Kecamatan

DPRD Dorong Realisasi Pelayanan E-KTP di Semua Kecamatan

CIREBON-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, menargetkan tahun ini, pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bisa dilakukan di kecamatan. Meskipun secara bertahap. Upaya itu pun direspons positif Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Diah Irwany Indriyati mengatakan, langkah itu pelayanan e-KTP bakal diterapkan di kecamatan cukup bagus untuk mudahkan pelayanan bagi masyarakat yang berdomisili sangat jauh. Misalnya, di ujung Kabupaten Cirebon, baik di wilayah timur, barat dan utara.

“Ini patut kita apresiasi. Dan harus bisa segera terealisasi. Kami dari DPRD sangat mendorong langkah itu. Karena pelayanan lebih mudah diakses masyarakat,” ujar Diah kepada Radar, kemarin.

Dia mengakui, untuk memuluskan langkah Disdukcapil tentunya dilakukan secara bertahap. Selain itu, perangkatnya pun mesti dilengkapi.

BACA JUGA:

·  Sejarah Prabu Siliwangi, Memimpin Kerajaan di Kapetakan Cirebon di Masa Muda

·  Pasukan Pajajaran, Prabu Siliwangi Punya 100 Ribu Tentara, Pasukan Elit, Juga Angkatan Laut

Menurut Disdukcapil, ada tiga tahap realiasi di semua kecamatan bisa terealisasi. “Pertama di 15 kecamatan, kemudian 17 kecamatan di tahap kedua. Terakhir, 8 kecamatan,” kata politikus Partai Golkar itu.

Dia berharap, pelayanan Disdukcapil kedepan harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Sebab, administrasi kependudukan bukan hanya e-KTP saja.

Tapi, semua administrasi lainnya. Seperti KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan pindah datang warga antar kota/kabupaten. “Kalau antar kecamatan kan bisa diselesaikan di kecamatan, tidak mesti di Disdukcapil,” ucapnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

 ·  Breaking News: Indonesia Batal Ikut Piala AFF di Kamboja, 7 Pemain Kena Covid-19

·  Penyebab Timnas Indonesia Batal Ikut Piala AFF U-23 di Kamboja, Ternyata Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: