Nasib KIC Ditentukan RTRW Provinsi, Bambang : RTRW Kabupaten Harus Menyesuaikan dengan Provinsi Jabar

Nasib KIC Ditentukan RTRW Provinsi, Bambang : RTRW Kabupaten Harus Menyesuaikan dengan Provinsi Jabar

CIREBON-Pansus VI DPRD Provinsi Jawa Barat meminta agar penyusunan revisi Perda RTRW tetap mengacu dan berpedoman pada RTRW di atasnya dalam hal ini RTRW Provinsi dan Pusat.

Hal ini disampaikan Anggota Pansus DPRD Bambang Mujiarto ST, saat ditemui Radar Cirebon usai menggelar pertemuan dengan Pemkab Cirebon, kemarin.

Menurutnya, revisi yang dilakukan oleh Pemkab Cirebon jangan sampai bertentangan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) provinsi.

”Revisi Perda RTRW provinsi saat ini masuk ketahap menginventarisir usulan dari kota kabupaten, terkait dengan RTRW provinsi. Daerah harus menyesuaikan, harus berpedoman pada peraturan yang ada,” ujarnya.

BACA JUGA:

·  Pedagang Tempe dan Tahu di Kota Cirebon Mogok Jualan, Mulai Besok sampai Rabu, Imbas Kenaikan Harga Kedelai

·  Pengecer Kedelai di Kota Cirebon: Harga Berubah Tiap Hari, Dukung Demo Pedagang Tempe dan Tahu

Dijelaskannya, terkait RTRW tidak telepas dengan perhitungan kebutuhan dengan pola dan pemanfaatan ruangnya, hal ini akan berimbas dan berdampak secara sistemik, terlebih RTRW ini akan dipakai sampai tahun 2042. “Tentu kondisinya akan berubah setiap tahunnya. Karena masanya berubah, Kebutuhan nya juga berbeda,” imbuhnya.

Ia mencontohkan salah satu program prioritas pemerintah baik pusat maupun provinsi adalah dengan mewujudkan kedaulatan pangan. Maka yang perlu dilakukan saat ini adalah memetakan wilayah-wilayah mana saja yang masuk kedalam lahan pertanian produktif maupun wilayah mana yang masuk kedalam wilayah penunjang ketahanan pangan.

“Cirebon ini sebagian merupakan wilayah maritim, bisa saja dibuat konsep ruang untuk menunjang masyarakat pesisir (nelayan, red) dengan konsep industri pengolahan hasil laut dan perikanan, termasuk kemasan nya dg memaksimalkan potensi yang ada,” bebernya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Kenali Gejala Skizofrenia yang Diduga Dialami Novi Amelia

·  Silsilah Sunan Gunung Jati dari Jalur Ibu, Berikut Urutannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: