Bertemu di Turki, Tim Negosiator Rusia dan Ukraina Tolak Jabat Tangan

Bertemu di Turki, Tim Negosiator Rusia dan Ukraina Tolak Jabat Tangan

Radarcirebon.com - Pertemuan tim negosiator Rusia dan Ukraina di Istanbul, Turki untuk membicarakan perdamaian, Selasa, 29 Maret 2022. Pertemuan tatap muka pertama selama hampir tiga pekan terakhir.

Menurut laporan televisi Ukraina, suasana dingin tampak terasa, di mana kedua belah pihak enggan berjabat tangan. Kedatangan delegasi dari kedua belah pihak disambut oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mendorong gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina.

Melihat rekaman dari Istana Dolmabahce di Istanbul, Reuters menyebut terlihat miliarder Rusia, roman Abramovich hadir. Abramovich dan beberapa negosiator lainnya dilaporkan jatuh sakit dengan dugaan keracunan.

Pembicaraan damai di Turki dimulai setelah sekitar 34 hari Rusia menginvasi Ukraina. Langkah Moskow itu membuat lebih dari 3,8 juta orang Ukraina melarikan diri ke luar negeri, ribuan meninggal dan terluka.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba berharap pembicaraan tersebut dapat menghasilkan kesepakatan gencatan senjata.

“Minimal programnya adalah soal kemanusiaan, dan program maksimalnya adalah mencapai kesepakatan gencatan senjata,” ucapnya.

Namun seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tampaknya tidak siap berkompromi untuk mengakhiri perang. (len/rmol)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: