2.653 Kasus HIV-Aids per April 2022

2.653 Kasus HIV-Aids per April 2022

CIREBON – Data komulatif temuan kasus HIV-Aids di Kabupaten Cirebon per April 2022 mencapai 2.653 kasus. Sementara 1 kasus HIV menurut standar WHO adalah 1 berbanding 100 sampai 200. Artinya, di balik 1 kasus yang terungkap dimungkinkan ada 100 sampai 200 kasus yang belum ditemukan.

Penanggulangan HIV Aids di masa pandemi nyaris luput dari perhatian kebanyakan orang. Padahal penularan virus yang belum ditemukan obatnya ini masih menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan generasi manusia.

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dan NGO melakukan sejumlah akselerasi kegiatan guna tetap memenuhi pendampingan terhadap komunitas berisiko tinggi dan penderita HIV-Aids.

Di tahun 2022, KPA mulai kembali bergerak diawali dengan mengumpulkan 40 kader/warga peduli Aids dari sejumlah desa/kelurahan melalui forum group discussion yang diselenggarkan di Warung Mimi Sepuh Talun, Selasa siang (24/5).

BACA JUGA:

Kepala Sekretariat KPA Kabupaten Cirebon Aip Syarifudin mengatakan saatnya perhatian seluruh sektor tertuju kembali dalam penanggulangan HIV-Aids. Yaitu dengan memasifkan program-program yang dijalankan dan sempat terhenti saat pandemi Covid-19.

“Peran berbagai pihak diperlukan agar HIV-Aids dapat tertanggulangi. Terlebih pemerintah menargetkan mengakhiri zero kasus HIV-Aids pada tahun 2030 mendatang,” tutur pria yang baru mendapat gelar doktor tersebut.

Wakil Kepala Sekretariat KPA Kabupaten Cirebon Benni Sugriarsa juga meminta pemerintah daerah memiliki komitmen nyata dalam penanggulangan HIV-Aids. Karena kondisinya saat ini terbilang cukup memprihatinkan. “Saat ini Kabupaten Cirebon termasuk daerah yang memiliki kasus tinggi di Jawa Barat,” kata Benni.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: