National Railfans Siap Bagikan Edukasi Akan Kereta Api

National Railfans Siap Bagikan Edukasi Akan Kereta Api

Radarcirebon.com, CIREBON - Mungkin kebanyakan orang masih asing dengan berbagai komunitas yang ada di kalangan masyarakat. Contohnya seperti komunitas pecinta kereta api, walau masih banyak yang belum familiar dengan komunitas seperti ini.

Nyatanya komunitas ini telah berkembang seperti salah satunya yakni National Railfans. Sebuah komunitas yang diketuai oleh Nurul Fahmi Salemba ini telah dibentuk pada tahun 7 Juli 2017 dan kini anggotanya mencapai 117 orang.

Tujuan terbentuknya komunitas ini yaitu untuk mengedukasi kepada masyarakat bahayanya menerobos perlintasan kereta api. Memberikan arahan seperti informasi Nama, Tujuan, Waktu Keberangkatan, dan Nomor Rangkaian KA saat Posko Idhul Fitri ataupun Nataru dan mendapatkan informasi tentang perawatan rangkaian kereta api (KRL, KAJJ). Target sasaran anggotanya biasanya berusia remaja sekiranya 16 tahun sampai dewasa.

Menurut Nurul kegiatan komunitas ini cukup beragam mulai dari Kunjungan ke Balai Yasa Manggarai, Sosialisasi Perlintasan Sebidang Kereta Api, Undangan Ujicoba Kereta Api Pangrango dan Kereta Api Bandara Railink, Posko Nataru dan Posko Idhul Fitri, Virtual Gathering Bincang Santai.

BACA JUGA:

“Kami pernah membuka sosialisasi Perlintasan Sebidang Kereta Api di PJL 17 Stasiun Duren Kalibata Jakarta Selatan, Posko Idhul Fitri dan Posko Nataru di stasiun Pasar Senen dan Gambir, dan pertemuan online melalui Zoom Meeting dengan para anggota,” ucap Nurul.

Untuk mencapai anggota sebesar ini, pastinya ada kesulitan dalam mengembangkan komunitas ini, salah satunya yaitu perolehan anggota baru. “Kalau ditanya kesulitan kayanya pasti ada yah, seperti belum mendapatkan anggota baru dan  kurangnya dana untuk membeli atribut seperti kemeja dan lain-lain,” ungkapnya.

Selama menjabat sebagai ketua, ia merasa komunitas ini seperti layaknya keluarga kedua karena bisa mengenal 1 sama lain. Sebelum ditutup Nurul akan membagikan harapan untuk National Railfans kedepannya berikut ini, “Harapannya sih sudah pasti punya anggoa baru, bisa mengadakan acara internal dan eksternal seperti collab dengan Komunitas Lain di Daop 8 dan mengenalkan kepada Humas Daop 8,” tutupnya. (rakhmat/seno)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: