Apindo Bahas Kerja Sama dengan Natuna

Apindo Bahas Kerja Sama dengan Natuna

BAHAS KERJA SAMA: Ketua Apindo Kota Cirebon H Sutikno SH MH berfoto bersama Ketua Apindo Natuna Dedy Yanto.--

Radarcirebon.id, CIREBON - Mudahnya akses dan potensi sumber daya alam (SDA) menjadi hal yang dilirik oleh Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, terhadap Kota Cirebon. Kunjungan Pemkab Natuna di Kota Cirebon disambut baik oleh Pemerintah Kota Cirebon, juga Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Cirebon untuk membahas kerja sama perdagangan.

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda memimpin langsung kunjungan yang digelar Rabu (27/7) lalu. Ketua Apindo Kota Cirebon, H Sutikno SH MH menuturkan, kunjungan Pemkab Natuna beberapa waktu lalu disambut baik dan diterima langsung oleh Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati, Ketua Kadin Kota Cirebon Dra Ismayasari MM AChFp, General Manager Pelindo Tengku Mursalim, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon Iing Daiman SIP MSi, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cirebon Drs Sumanto.

Dari pertemuan yang dilakukan, diungkapkan keinginan untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Seperti misalnya pengadaan komoditas. "Saat ini, Natuna memiliki komoditas yang melimpah untuk ikan laut, kerupuk ikan, dan jagung kering. Sedangkan komoditas yang dibutuhkan oleh Kabupaten Natuna yang berasal dari Cirebon seperti bawang merah, telur ayam, ayam potong, dan pakaian jadi.

Harga di Natuna cukup mahal karena jalur perdagangan melalui Jakarta. Maka itulah, Pemkab Natuna melalui wakil bupati, menginginkan ada jalur perdagangan baru Cirebon ke Natuna atau sebaliknya dari Natuna ke Cirebon," terangnya.

BACA JUGA:Pengakuan PSK Online di Cirebon, Open BO di Aplikasi Rp400-500 Ribu, Demi Ini

Di tengah pertemuan tersebut, Sutikno bersama mitranya, Ketua APINDO Natuna Dedy Yanto, membahas kerja sama perdagangan antara Cirebon dan Natuna. Salah satunya perdagangan pada komoditi jagung kering. Saat ini, Cirebon memiliki kebutuhan yang cukup tinggi akan jagung kering.

Komoditi ini dibutuhkan oleh mitra Apindo seperti PT Japfa Comfeed Indonesia, PT Charoen Pockphand dan   PT Sido Agung Agro Prima. Sedangkan PT Bima Karya Semesta sebagai perusahaan pemasoknya. Kabupaten Natuna saat ini memiliki ribuan hektar ladang jagung dan produk jagung kering.

"Ini bisa menjadi kerja sama yang baik. Beberapa perusahaan mitra kami membutuhkan jagung kering  untuk produksi pakan ternak di Kota maupun Kabupaten Cirebon," jelasnya.

Perusahaan mitra Apindo saat ini membutuhkan jagung kering dalam kapasitas sangat banyak. Saat ini agen pemasok jagung kering yang banyak berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, juga Lampung. "Kami berharap kerja sama ini bisa segera ditindak lanjuti," ungkapnya.

BACA JUGA:Razia di Gronggong dan Tuparev Cirebon, PSK Online Kena Ciduk, Mengaku Pemain Baru

Sutikno menambahkan, bertepatan dengan HUT Cirebon ke-653, pihaknya mengajak para pengusaha Cirebon untuk bisa bergabung dengan Apindo dan Kadin Kota CIrebon sebagai organisasi pengusaha untuk bisa bekerja sama dan bersinergi dalam berbagai bidang perdagangan.

Perlu diingat, dalam sejarahnya Cirebon sebagai kota perdagangan harus dipertahankan, sehingga masa depan Cirebon seharusnya bisa makmur ditopang dengan hasil perdagangan yang halal.
"Melalui perdagangan, semoga menjadi masa depan yang baik untuk negeri khususnya Kota Cirebon," tukasnya.

BACA JUGA:Emak emak Adu Jotos di Alun-alun Majalengka, Diduga Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: