Amankan Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Segini Jumlah Aparat Kepolisian yang Siaga

Amankan Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Segini Jumlah Aparat Kepolisian yang Siaga

Aparat kepolisian siap amankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Foto hanya ilustrasi.-Ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, JAKARTA – Aparat kepolisian telah menyiapkan pengamanan maksimal dalam menyambut Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tersebut, diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari ini Rabu 17 Agustus 2022.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan sebanyak 3.200 personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka.

BACA JUGA:Beri Kado di HUT RI ke-77, Timnas Indonesia U-16 Diundang Presiden Ikuti Upacara Tujuhbelasan di Istana

"Kalau untuk pelaksaan, sementara sekitar 3.200 personel," ujar Kombes Kamarudin saat dihubungi wartawan, Selasa 16 Agustus 2022.

Kombes Komarudin juga menjelaskan, pola pengamanan akan sedikit diperketat. Mengingat aktifitas masyarakat telah kembali normal. Terlebih, ada upacara di Istana yang tentunya mengundang masyarakat.

"Kegiatan pengamanan sedikit lebih ketat artinya bahwa pengamanan ring 1, ring 2, ring 3 termasuk juga," ungkapnya.

Menurut Kombes Komarudin, sejumlah ruas jalan di sekitaran Istana Negara juga akan dialihkan mulai nanti malam hingga penurunan bendera merah putih.

BACA JUGA:Atalia Ridwan Kamil: Cegah Hepatitis Melalui Gerakan Pelita Hati

"Pengalihan beberapa ruas jalan akan dilakukan mulai dari nanti malam hingga penurunan bendera," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjelaskan, ruas jalan yang ditutup adalah kawasan di Patung Kuda, Harmoni, dan Gambir. Dia menyampaikan, sterilisasi kawasan Istana dimulai pada Selasa 16 Agustus 2022 pukul 21.00 WIB.

"Sekitar jam 21.00 WIB sudah kita lakukan sterilisasi. Sehingga lingkungan istana betul-betul steril dari lalu lintas," kata Kombes Latif Usman.

BACA JUGA:Bharada E Jangan Plin-plan dalam Memberikan Keterangan Lho, Nanti Bisa Begini Nasibnya..

Latif menyiapkan 500 personel lalu lintas untuk membantu mengatur aktivitas masyarakat selama upacara HUT ke-77 RI yang berlangsung di Istana Merdeka.

"Di sana akan kita lakukan rekayasa lalu lintas. Hari libur mudah-mudahan arus tidak terlalu padat ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merakayakan Hari Kemerdekaan di tempat masing-masing," pungkasnya. (jun/disway)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase