7 Uang Kertas Baru yang Diluncurkan BI, Pecahan Uang Kertas Lama Apakah Masih Berlaku?

7 Uang Kertas Baru yang Diluncurkan BI, Pecahan Uang Kertas Lama Apakah Masih Berlaku?

Cara penukaran uang baru pecahan kecil di Bank BCA. Foto:-Tangkapan layar-Instagram Bank Indonesia.

Radarcirebon.com, JAKARTA – 7 uang kertas baru diluncurkan oleh Bank Indonesia alias BI. Mulai dari pecahan seribu hingga seratus ribu rupiah.

7 uang kertas baru tersebut diluncurkan oleh BI hari ini, Kamis 18 Agustus 2022. Merupakan, 7 pecahan uang kertas tahun emisi 2022 atau uang TE 2022.

Dalam peluncuran 7 uang kertas baru tersebut, BI juga menjelaskan bahwa pecahan Uang TE 2022 ini secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dijelaskan juga bahwa, pengeluaran dan pengedaran Uang TE 2022 merupakan pelaksanaan amanat UU Mata Uang.

BACA JUGA:Kronologi Wanita di Tulungagung Diperkosa Setelah Kecelakaan, Leher Patah dan Pendarahan Otak

Di samping itu, peluncuran 7 uang kertas baru ini juga menjadi bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.

Karena sudah ada uang kertas baru, apakah uang lama sudah tidak berlaku?

Ternyata, meski telah merilis uang baru, BI memastikan bahwa pecahan uang kertas yang lama masih bisa dan sah digunakan sebagai alat pembayaran.

Itu artinya, pecahan uang kertas sebelumnya masih berlaku sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredarannya.

BACA JUGA:Periksa Fadil Imran Trending Topic, Nasibnya Kini di Ujung Tanduk?

BACA JUGA:Biadab! Wanita di Tulungagung Diperkosa Usai Kecelakaan, Korban Meninggal Dunia

Hal ini sebagaimana diatur pada UU Mata Uang, pencabutan dan penarikan uang Rupiah dari peredaran ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan melalui media massa.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia dengan gambar tarian, pemandangan alam, dan flora pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: