India Tak Sengaja Luncurkan Rudal ke Pakistan, Perwira AU Dipecat

India Tak Sengaja Luncurkan Rudal ke Pakistan, Perwira AU Dipecat

India tak sengaja luncurkan rudal ke Pakistan, dan membuat 3 perwira TNI dipecat. Foto hanya ilustrasi.-PXHere-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, NEW DELHI - Insiden India yang tak sengaja luncurkan rudal ke Pakistan, membuat seorang perwira kini dipecat terhitung Selasa, 23, Agustus 2022.

Insiden India yang tak sengaja luncurkan rudal ke Pakistan, menjadi perbincangan dunia internasional. Apalagi dua negara tersebut sedang dalam hubungan tidak akur.

Atas insiden itu, perwira Angkatan Udara India yang tak sengaja luncurkan rudal, kini menghadapi pemecatan. Kendati tidak memuaskan pihak Pakistan.

Dilansir dari Al Jazeera bahwa dari hasil penyelidikan terungkap sejumlah fakta, dan pengadilan telah menetapkan perwira yang bersalah atas insiden itu. 

BACA JUGA:Putri Candrawathi Mengaku Dilecehkan, Keluarga Membantah dan Beberkan Bukti Chat

BACA JUGA:Ada Pesawat Lewat Jalanan Kota Cirebon, Untuk Apa Ya?

Pengadilan juga menemukan terjadi prosedur operasi standar yang salah oleh tiga perwira AU. Sehingga India tak sengaja luncurkan rudal ke Pakistan.

Beruntung, saat India tak sengaja luncurkan rudal ke Pakistan, tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun kerugian lain.

Meski hubungan kedua negara menjadi tegang dan Pakistan menuntut adanya penyelidikan yang lebih independen terhadap kejadian itu.

"Penyelidikan pengadilan, yang dibentuk untuk menetapkan fakta-fakta kasus, termasuk menetapkan tanggung jawab atas insiden tersebut, menemukan bahwa penyimpangan dari Prosedur Operasi Standar oleh tiga petugas menyebabkan penembakan rudal secara tidak sengaja,” kata angkatan udara India dikutip laman Aljazirah, Minggu, 28, Agustus 2022.

BACA JUGA:Liverpool Kesetanan, Menang Telak 9-0 Saat Menjamu Bournemouth di Anfield

BACA JUGA:Inilah Identitas Mayat Perempuan yang Ditemukan Kemarin Siang di Cirebon Timur

Rudal jelajah berkemampuan nuklir yang dikembangkan bersama oleh Rusia dan India dinamakan Rudal BrahMos. Rudal tersebut dikatakan tidak sengaja ditembak pada 9 Maret yang memicu kemarahan Pakistan.

Insiden yang terjadi pertama kali itu menimbulkan pertanyaan tentang mekanisme keamanan untuk mencegah peluncuran yang tidak disengaja. Insiden ini juga langsung menimbulkan kekhawatiran karena kedua negara memiliki senjata nuklir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: al jazeera