Mau Tahu Orang Lain Bahkan yang Terdekat Iri Denganmu? Ini Tanda-tandanya

Mau Tahu Orang Lain Bahkan yang Terdekat Iri Denganmu? Ini Tanda-tandanya

Ilustrasi--

Radarcirebon.com - Perasaan iri bisa saja muncul pada siapa saja. Bahkan orang terdekat tanpa disadari juga bisa mengalaminya terhadap dirimu, Beauties. Dikutip dari Psychology Today, "kabar buruknya", menjadi orang yang sederhana dan nggak suka pamer hartapun nggak jamin kamu bebas terhindar dari orang-orang yang iri.

Apa aja tanda orang yang iri dengan diri kita. Berikut seperti dirangkum dari Psychology Today:

1. Ekspresinya Beda Saat yang Lain Lagi Puji Kamu
Beauties, punya hal-hal dalam diri yang dinilai baik seperti kreativitas, disiplin, juga karisma, terkadang bisa bikin orang lain iri padamu.

Orang yang iri biasanya tidak terang-terangan me-bully, dan bahkan juga ia penuh hormat denganmu dan yang lain. Namun rasa iri itu bisa 'ditangkap' saat melihat reaksinya yang berbeda dari yang lain. Misalnya ketika kamu lagi berhasil dan yang lain memberikan selamat dengan antusias, ia terlihat nggak nyaman dan merasa terganggu dengan momen tersebut.

BACA JUGA:Kisah Mistis Pelal Panjang Jimat Cirebon, Rombongan Tamu Aneh dari Kali Cipadu

2. Ia 'Meneliti' Pekerjaan dan Salah Memahami Niatmu
Singkatnya, dia yang iri akan mencari-cari kesalahanmu dan membesar-besarkan hal itu, Beauties. Kemudian bila memang kamu dalam hal ini bersalah dan telah meminta maaf, terdapat upaya penolakan maaf darimu, serta tidak proporsional menghubungkan kesalahan dengan konteks yang sebagaimana-mestinya.

3. Sesat Logika dan Meremehkan Kemampuan Kamu
Saat mereka tidak menemukan hal yang kurang atau salah dari pekerjaanmu, mereka bisa 'menyerang' secara personal dan sifat-sifat pribadi kamu, yang bahkan tidak ada hubungannya dengan apapun, bahkan beralih ke rasa fanatik yang tidak perlu.

4. Berasumsi Kamu Tidak Pantas Dapat Kesuksesan yang Telah Kamu Capai
Kesuksesanmu bagi orang yang iri, dianggapnya kamu bisa dengan mudah mendapatkan karena minim usaha. Misalnya karena sudah ada privilege khusus untuk itu. Ia juga membanding-bandingkan tentang siapa atau bahkan dirinyalah yang seharusnya pantas mendapat kesuksesan itu.

5. Dia Nggak Suka Kamu, Tapi Tiru Karakteristik juga Gaya dan Kerjamu
Yang menarik dan hal ini juga terdapat dalam penelitian adalah mereka yang nggak suka sama kamu, 'lucunya' sering meniru hal-hal yang kamu lakukan. Itu karena mereka jadi mengetahui detail tentangmu, lebih dari orang yang biasa-biasa saja atau tidak iri dengamu.

BACA JUGA:Komitmen Transformasi Kuat, BRI Terapkan Digitalisasi Permudah Transaksi Nasabah

Hal ini bisa merupakan upaya dalam melepaskan diri mereka dari perasaan tidak mampu, tanpa harus mengatasi apa yang menjadi masalah utamanya, namun menyibukkan diri dengan perbandingan sosial status mereka sendiri.

Hasilnya mereka meniru orang yang mereka tidak suka karena iri, sebagai kriteria yang dianggap pas untuk meningkatkan citra atau status sosial mereka.

BACA JUGA:Kisah Mistis Muludan Cirebon, Pedagang Ngalap Berkah Penglarisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: