Ridwan Kamil: Jawa Barat Bersiap Hadapi Potensi Krisis Ekonomi, Energi dan Pangan Tahun 2023

Ridwan Kamil: Jawa Barat Bersiap Hadapi Potensi Krisis Ekonomi, Energi dan Pangan Tahun 2023

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri dan memimpin panen raya benih padi di Koperasi Tabur Benih Melati Desa Bojong Tengah, Kabupaten Subang, Rabu, 12 Oktober 2022.-Biro Adpim Jabar-

"Luar biasanya pertanian Jawa Barat diperlihatkan di hari ini, yakni dari benih -benih juara dari berbagai lembaga, yang menjadikan Jabar sebagai Provinsi yang memiliki benih tanaman khususnya padi terbaik se-Indonesia," ucapnya. 

"Kita produsen padi yang dikonsumsi hanya 2/3-nya oleh Jawa Barat, sisanya kita ekspor dan jual ke mana-mana karena benih dan bibit yang baik ini menghasilkan padi berkualitas dan panen berlimpah," tuturnya.

BACA JUGA:Rizky Billar Lempar Bola Biliar Kejadian Tahun Lalu, Lesti Sedang Hamil 7 Bulan

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula pelepasan benih padi oleh Kang Emil dengan tujuan Provinsi Jawa Tengah, juga pelepasan benih bantuan untuk Kabupaten/ Kota di Jawa Barat.

Selain itu, Kang Emil juga melakukan panen raya benih secara simbolis di areal Penangkaran Benih Koperasi Tabur Benih Melati seluas 250 hektare. 

Varietas yang dipanen adalah Inpari 49 Jembar seluas 5 hektare. Inpari 49 Jembar merupakan varietas unggul baru untuk menggantikan varietas padi sebelumnya. 

Varietas ini juga merupakan hasil persilangan antara Ciherang dengan IRBB50, dengan sejumlah keunggulan, yaitu umur genjah, tahan terhadap wereng batang cokelat, rasa nasi pulen, dan hasil mencapai 9,57 ton per hektare.

BACA JUGA:Apel Siaga Bencana, Ini Kata Kapolres Ciko

Adapun benih padi yang diproduksi di areal Penangkaran Benih Koperasi Tabur Benih Melati di antaranya Ciherang, Mekongga, Inpari 32, Inpari 33, Inpari 42, Inpari 48, dan Inpari 49. 

Produksi benih tersebut untuk memasok kebutuhan benih di Jawa Barat maupun provinsi lain di Indonesia. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase