Makanan Khas Cirebon Terpopuler Sepanjang Masa, Kamu Wajib Coba!

Makanan Khas Cirebon Terpopuler Sepanjang Masa, Kamu Wajib Coba!

Mie Koclok --

Radarcirebon.com, CIREBON – Makanan khas Cirebon terpopuler sepanjang masa, Ada banyak makanan khas Cirebon yang memiliki cita rasa yang lezat dan wajib kamu coba.

Di setiap daerah, tentunya memiliki makanan khas yang menjadi ciri tersendiri daerah tersebut.
Banyak sekali makanan khas Cirebon yang bisa kamu nikmati bersama keluarga maupun teman.

Cirebon merupakan kota yang terletak di sebelah utara Provinsi Jawa Barat. Kota ini dikenal sebagai kota penghasil terasi udang, dan memiliki banyak makanan khas yang menarik.  Selain itu, Cirebon terkenal sebagai destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menikmati makanan khas Cirebon merupakan salah satu kegiatan yang wajib bagi para wisatawan saat berkunjung ke Cirebon. Apalagi banyak makanan khas Cirebon yang membuat ketagihan ketika mencicipinya.

BACA JUGA:Wisata Cirebon yang wajib dikunjungin untuk liburan akhir pekan.

Berikut Makanan Khas Cirebon Terpopuler Sepanjang Masa :

1.    Empal Gentong
Berkunjung ke Cirebon, rasanya kurang afdol kalau tidak mencicipi Empal Gentong. Makanan khas Cirebon satu ini adalah sup tradisional yang dimasak dalam pot yang terbuat dari tanah liat atau disebut juga dengan Gentong.
Empal Gentong memiliki cita rasa gurih dan cocok dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

Empal gentong terbuat dari kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai dan daun jeruk purut. Umumnya disajikan dengan lontong dan taburan daun kucai.

Ada banyak tempat makan Empal Gentong di Cirebon, yang paling pupuler adalah Kedai Empal Gentong Mang Dharma yang terletak di Jl. P. Diponegoro No.23, Kesenden, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

BACA JUGA:8 Twibbon Keren Untuk Memperingati Hari Pahlawan 2022 Yang Wajib Kamu Bagikan di Media Sosialmu!

2.    Nasi Jamblang
Nasi Jamblang atau disebut juga dengan Sego Jamblang, merupakan makanan khas Cirebon yang unik karena penampilan khas alat pembungkus nasinya, yakni daun jati.

Nama makanan ini diambil dari sebuah desa yang berada di Cirebon, yaitu Desa Jamblang. Biasanya nasi Jamblang dilengkapi dengan lauk pauk yang disajikan secara prasmanan, seperti tahu, tempe, paru-paru sapi, telur dadar, perkedel, sambal goreng, sate kentang, dan masih banyak lagi.

Nasi Jamblang sudah menjadi makanan sehari-hari orang Cirebon, sehingga mudah ditemukan di setiap sudut Kota Cirebon. Yang paling banyak diminati adalah Nasi Jamblang Stasiun Kejaksan dan Nasi Jamblang Pelabuhan.

BACA JUGA:Aset Desa Belum Tertata, Masih Semrawut

3.    Kerupuk Melarat
Makanan khas Cirebon satu ini memiliki nama yang unik. Nama kerupuk melarat berasal dari kata Melarat yang berarti miskin. Karena proses pembuatannya bukan digoreng menggunakan minyak goreng, melainkan disangrai dengan pasir. Pasir yang digunakan tentunya bukan sembarang pasir, tetapi pasir yang sudah dibersihkan, dikeringkan dan diayak.

Kerupuk Melarat memilki rasa yang gurih, dan memiliki berbagai macam warna yakni kuning, putih, hijau dan merah muda. Kerupuk ini biasanya dikemas dengan menggunakan plastik dan diikat dengan tali rafia.

Kerupuk melarat mudah ditemukan di pinggir jalan pasar dan pusat oleh-oleh.

4.    Mie Koclok
Penggemar mie wajib untuk mencicipi makanan khas Cirebon satu ini. Mie koclok terdiri dari mie kuning yang dicampuri dengan kol, tauge, irisan telur dan potongan ayam kecil.

Yang unik dari makanan ini yaitu kuahnya, terbuat dari santan dan bubur beras sehingga tampak berwarna putih dan sedikit kental karena ditambah dengan tepung maizena.

Mie Koclok Pak Edi termasuk salah satu kedai Mie Koclok yang terkenal, memiliki sajian yang lengkap dan rasa yang nikmat. Kedai ini berada di Jl. Lawang Gada No.23, Pulasaren, Kec. Pekalipan.

BACA JUGA:Aset Desa Belum Tertata, Masih Semrawut

5.    Nasi Lengko
Selain Nasi Jamblang, Cirebon juga punya Nasi Lengko. Nasi yang dicampur dengan tahu, tauge, mentimun dan siraman bumbu kacang yang khas dan ada juga yang menambahkan kecap asin diatasnya. Nasi lengko atau sega lengko adalah makanan khas di Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya.

Nasi Lengko berasal dari kata lengko yang artinya langka. Kata langka berarti tidak ada atau jarang, yang merujuk pada lauk nasi lengko yang sedikit dan sederhana.

Nasi Lengko H. Barno merupakan salah satu legenda kuliner Cirebon. Sudah ada sejak 1968, Nasi Lengko H. Barno berlokasi di jalan Pagongan dan kini telah memiliki cabang di jalan Bahagia.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Cirebon Power Terbaru

6.    Sate Kalong
Sate Kalong bukan terbuat dari daging kalong atau kelelawar yang sesungguhnya, melainkan sate yang hanya ada pada malam hari saja. Sate Kalong terbuat dari daging Kerbau, tetapi ada juga yang menggunakan daging sapi.

Sate Kalong memiliki cita rasa yang unik, yakni perpaduan antara rasa manis, gurih dan aroma rempah. Sambalnya pun secara khusus terbuat dari oncom atau dage.

Sate Kalong biasanya ditemukan di sepanjang Jl. Pecinan Cirebon.

7.    Docang
Makanan khas Cirebon terpopuler selanjutnya adalah Docang. Docang merupakan makanan yang berupa campuran lontong, daun singkong, tauge, daun kucai, parutan kelapa dan kerupuk, kemudian disiram dengan kuah dage atau oncom.

Dari sekian banyak warung makan yang menjual docang, Docang Ibu Kapsah di Jl. Siliwangi No 77 adalah juaranya.

Itulah Makanan Khas Cirebon yang Paling popular sepanjang masa yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Cirebon. Tampak sangat menggiurkan bukan? Setelah kamu mencobanya, dijamin bakal ketagihan lho.

(Luthfi Imroatussolihah)

BACA JUGA:MAXstream Perkuat Komitmen Sebagai “Home of Entertainment”, Siap Hadirkan Ragam Konten Orisinal Genre Horor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: