Kenapa Kerajaan Pajajaran Hilang, Benarkah Moksa? Atau Dibakar Kesultanan Banten

Kenapa Kerajaan Pajajaran Hilang, Benarkah Moksa? Atau Dibakar Kesultanan Banten

Kenapa Kerajaan Pajajaran hilang, pada versi sejarah diceritakan dibakar oleh Kesultanan Banten.-Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

BACA JUGA:Hadiri Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48, Ridwan Kamil: Semoga Membawa Islam Berkemajuan

Informasi ini didapatkan dari Naskah lontar Carita Parahyangan: “Ratu Jayadéwata, sang mwakta ring Rancamaya” yang artinya Ratu Jayadewata yang moksa di Rancamaya.

Rancamaya Bogor sekarang ini telah berubah menjadi kompleks perumahan mewah dan lapangan golf.

Versi Sejarah Kenapa Kerajaan Pajajaran Hilang

Di sisi lain, Guru Besar FIB Unpad, Prof Nina Herlina Lubis menyatakan bahwa Prabu Siliwangi bukan moksa, tetapi meninggal dunia. Kemudian jenazahnya diperabukan.

BACA JUGA:Bertekad Tingkatkan IPP, Whisnu Sentosa Resmi Daftar Calon Ketua KNPI Kabupaten Cirebon

Jenazah Prabu Siliwangi diperabukan karena semasa hidupnya menjadi pemeluk Agama Hindu. Prasasti Batu Tulis juga menyebutkan bahwa Prabu Siliwangi meninggal dunia.

Fakta sejarah juga menyebutkan bahwa masih ada 5 raja sebelum Pajajaran akhirnya benar-benar runtuh. 

Dikutip dari buku Hitam Putih Pajajaran yang ditulis Ferry Taufiq El Jaquene berikut urutan Raja Pajajaran dimulai dari Prabu Siliwangi alias Sri Baduga Maharaja. 

Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi berkuasa pada tahun 1428 sampai dengan 1521 Masehi yang kemudian diteruskan Prabu Surawisesa.

BACA JUGA:Kemenaker: Penetapan UMP Tidak Lebih dari 10 Persen

Prabu Surawisesa sendiri berkuasa tahun 1531 sampai dengan 1535 M. Penerusnya adalah Ratu Dewata yang bertakhta tahun 1535 sampai dengan 1543 M.

Penerus berikutnya adalah Ratu Sakti yang bertakhta tahun 1543 sampai dengan 1551 M. Di era inilah, Kerajaan Pajajaran mengalami masa suram karena pemimpin yang tamak.

Namun, berbagai kerawanan, gangguan kriminalitas dan chaos akibat raja yang semena-mena, berangsur membaik di kepemimpinan Ratu Nilakendra tahun 1551 sampai dengan 1567 M.

Lalu siapa raja terakhir Pajajaran? Dia adalah Raga Mulya atau yang berjuluk Prabu Surya Kencana yang bertakhta pada 1567 sampai dengan 1579 M.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: