Ya Allah, Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Dangkal Hari Ini, Kekuatan Magnitudo 3,5, Berpusat di Darat

Ya Allah, Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Dangkal Hari Ini, Kekuatan Magnitudo 3,5, Berpusat di Darat

Gempa bumi di Sukabumi hari ini, berpusat di darat dengan magnitudo 3,5.-BMKG-radarcirebon.com

SUKABUMI, RADARCIREBON.COM - Kabupaten Sukabumi diguncang gempa dangkal berkekuatan 3,5 magnitudo, Minggu, 27, November 2022 sekitar pukul 07.21 WIB.

Informasi yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Kabupaten Sukabumi tergolong dangkal karena berpusat pada kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di darat, sekitar 15 kilometer di barat daya Kota Sukabumi. Tepatnya di 6,92 lintang selatan dan 106,79 bujur timur.

Gempa bumi dirasakan Skala MMI di sejumlah lokasi. Misalnya Skala II - III di Gunung Guruh, Skala III di Cibadak dan Skala II di Bogor.

BACA JUGA:5 Kecamatan Penghasil Wanita Cantik di Majalengka, Selebgram yang Viral Ternyata dari Tempat Ini

BACA JUGA:Ya Ampun! Kampung di Majalengka Ini Rawan Tuyul, Sampai Dipasang Rambu, Pendatang Harus Waspada

Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.

Sebagai informasi, Skala MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa dengan kekuatan 4,6 magnitudo terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan dirasakan hingga ke daerah sekitarnya, Minggu, 27, November 2022.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa di Kabupaten Pangandaran terjadi sekitar pukul 09.10 WIB.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa Terjadi di Pangandaran Hari Ini, Kekuatan 4,6 Magnitudo, Berpusat di Laut

BACA JUGA:Liga 1 Putri Indonesia Akan Kembali Digelar Desember 2022 Mendatang

Kekuatan gempa mencapai 4,6 magnitudo pada kedalama 38 kilometer. Pusat gempa atau episenter ada di 8.2 Lintang Selatan dan 108.26 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut 61 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran. Getaran juga dirasakan di beberapa lokasi pada skala MMI II.

Gempa turut dirasakan di Kabupaten Pangandaran dengan skala MMI II, Skala MMI II di Kabupaten Garut, Tasik hingga ke kawasan Singaparna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: