Daftar Sesar Aktif di Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, Potensi Gempa 6,5 Magnitudo

Daftar Sesar Aktif di Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka, Potensi Gempa 6,5 Magnitudo

Sesar aktif di Pulau Jawa beberapa diantaranya melintasi wilayah Cirebon, Kuningan, Majalengka hingga Indramayu.-Daryono/BMKG-radarcirebon.com

Mereka juga dapat melakukan hal terukur dan pihak terkait juga terlatih dalam penanganannya.

Karenanya, simulasi gempa tersebut perlu dilakukan di seluruh sektor seperti pendidikan, perkantoran, yang berada di zona rawan gempa.

BACA JUGA:Kantor Pinjol Ilegal Digerebek Polisi, 40 Orang Diamankan, 2 Orang Tersangka, di Sini Lokasinya

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengungkapkan, Sesar Baribis Kendeng Cirebon 1 memiliki potensi gempa tertarget 6,5 magnitudo.

Menurut Daryono, sumber gempa dangkal di Jawa Barat diantaranya adalah Sesar Cimandiri, Sesar Baribis, Sesar Citarik, Sesar Cipamingkis, Sesar Lembang, dan Sesar Cirata.

"Karakter gempa kerak dangkal dengan frekuensi tinggi ini akan banyak menimbulkan kerusakan karena guncangan tanah yang dibangkitkan sangat kuat," katanya.

Gempa kerak dangkal juga sangat berpotensi menimbulkan rekahan permukaan (surface rupture) sehingga bisa lebih merusak bangunan di jalur sesar.

BACA JUGA:Daftar 4 Obat Alami yang Ampuh Atasi Vertigo dan Makanan yang Harus Dihindari

Bangunan apa pun yang dibangun di atas jalur sesar aktif akan mengalami kerusakan saat sesar mengalami pergeseran.

Gempa kerak dangkal umumnya diikuti serangkaian gempa susulan yang cukup banyak karena lapisan kerak dangkal batuannya relatif heterogen dan tergolong rapuh (brittle).

Sesar Baribis Kendheng Cirebon 1 melintasi kota-kota besar di Pantai Utara (Pantura) Jawa seperti Cirebon hingga Jakarta.

Demikian daftar sesar yang melintasi wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: