Azab Nyata Bagi Kaum Sodom, Ini Dia Kisah Nabi Luth dan Ketauladannya

Azab Nyata Bagi Kaum Sodom, Ini Dia Kisah Nabi Luth dan Ketauladannya

Azab Nyata Bagi Kaum Sodom, Ini Dia Kisah Nabi Luth dan Ketauladannya -capture-Pondok Pesantren Daarut Tauhiid

Di dalam Al-Qur'an, masyarakat yang tinggal di Sadum memiliki perilaku yang tercela bahkan perbuatannya dianggap melampaui batas. Mereka hidup bebas, tidak mematuhi ajaran Allah. Bahkan hampir semua penduduknya menyukai sesama jenis dan melakukan seks bebas. 

BACA JUGA:Bacaan Doa Qunut Pendek dan Panjang Lengkap Dengan Artinya

Oleh Allah, Nabi Luth diutus untuk menyadakan mereka dan mulai mengikuti ajaran agama yang benar. Sesampainya di sana, Nabi Luth AS sangat terkejut dengan perilaku keji para penduduknya.

Meneladani dan mengambil hikmah dari kisah nabi Luth

Kisah nabi Luth tadi menjadi sebuah pelajaran penting bagi kita. Allah SWt menjadikan nabi Luth seorang nabi dengan tujuan menyadarkan umatnya yang telah berbuat dosa. 

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat Al-A'raf ayat 80 yang artinya “Dan Kami mengutus Luth kepada kaumnya. Ingatlah ketika Luth berkata kepada mereka: ‘Mengapa kamu melakukan hal-hal keji yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun sebelumnya?" (QS. Al A'rah: 80).

Untuk itu, mari kita simak beberapa keteladana yang bisa kita tiru dari kisah nabi Luth.

BACA JUGA:Bacaan Sholawat Jibril Lengkap dan Fadhilahnya Soal Rezeki, Amalkan dan Buktikan Sendiri

1. Tidak mudah menyerah dan gigih dalam berdakwah

Seperti yang ditunjukan sebelumnya, nabi Luth harus membangunkan orang-orang Sodom yang sangat menyimpang. Nabi Luth juga diejek dan dihina nahkan diancam oleh kaumnya sendiri.

Tapi karena ketekunan dan sifat nabi Luth yang tidak mudah menyerah, sampai kami memiliki Tuhan memenuhi doa-doa mereka dan menghukum kaum Sodom. Jadi, semua usaha keras dan serius kita pasti akan membuahkan hasil.

Selama nabi Luth berdakwah, tidak ada orang yang ingin mengikutinya dan tiada yang beriman kepadanya kecuali keluarganya. Bahkan tidak semua keluarga nabi Luth mengimaninya, seperti istrinya yang bernama Wa’ilah kafir seperti istri Nabi Nuh.

”Allah membuat istri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): “Masuklah ke dalam jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam).” (QS. at- Tahrim [66]: 10).

BACA JUGA:Bacaan Surat An- Nashr dalam Alquran dan Fadhilahnya yang Luar Biasa, Mudah Dihafal

meski nabi Luth diancam, ia tetap menjalankan dakwahnya. Beliau terus meminta kaumnya untuk meninggalkan perzinahan homoseksual dan lesbian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: