SMPN 2 Gempol, Terus Gali Potensi Minat dan Bakat Siswa Khususnya Budaya Lokal

SMPN 2 Gempol, Terus Gali Potensi Minat dan Bakat Siswa Khususnya Budaya Lokal

SMPN 2 Gempol akan terus menjadi fasilitator guna mengasah minat dan bakat Siswa, Selasa, (13/12/2022) di Kantor SMPN 2 Gempol Kabupaten Cirebon.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - SMPN 2 Gempol akan terus menjadi fasilitator guna mengasah minat dan bakat Siswa, Selasa, (13/12/2022) di Kantor SMPN 2 Gempol Kabupaten Cirebon.

SMPN 2 Gempol merupakan salah satu sekolah Negeri yang berada di Desa Walahar Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, merupakan daerah perbatasan antara Majalengka dengan Kabupaten Cirebon.

SMPN 2 Gempol mempunyai beberapa kegiatan standar yang dikemas dalam bentuk lain seperti kegiatan ekstrakulikuler sebagai ajang pengembangan potensi Siswa.

Kepala Sekolah SMPN 2 Gempol, Kemas M Saleh, menyampaikan gagasannya dalam pengembangan potensi minat dan bakat siswa.

BACA JUGA:Gempa Bumi Guncang Karangasem Bali, Sesar Flores Naik

"Karena SMPN 2 Gempol berdomisili di Desa Walahar, juga sebagai Desa Seni Budaya dan Desa Cupang sebagai Desa Pariwisata, maka akan ada beberapa kegiatan yang berbau budaya. Misalnya seperti Tarian Tradisional, kesenian Kuda Lumping dan lain sebagainya. Dan ini bisa dijadikan sebagai icon untuk SMPN 2 Gempol," ujarnya.

Desa Walahar merupakan salah satu Desa sanggahan wisata, dimana aksesnya dilalui oleh Wisatawan yang mau berkunjung ke Batu Lawang Desa Cupang. Dalam hal ini, Kemas berharap jika Siswa-siswi SMPN 2 Gempol juga harus sadar akan wisata.

"Anak-anak SMPN 2 Gempol diharapkan juga sadar wisata. Karena dengan adanya sadar wisata ini bisa mengisi aset yang berada disekitar Batu Lawang,"ucap Kemas.

Lanjutnya, Sekolah tentunya tidak bisa berdiri sendiri, harus ada kerjasama dengan pihak luar.  Salah satunya yaitu dengan Sanggar-sanggar seni yang berada diwilayah terdekat. Maka sanggar-sanggar kesenian ini bisa di ikut sertakan menularkan ilmunya untuk Siswa-siswi agar bisa mengembangkan minat dan bakatnya.

BACA JUGA:Laga Argentina vs Kroasia, Lionel Messi Cetak Rekor Berkat Sumbangsih 1 Gol

"Kebudayaan-kebudayaan lokal bisa kita gali dan dikembangkan menjadi sebuah icon di SMPN 2 Gempol," tutup Kemas.

Pentingnya sekolah sebagai fasilitator dalam pengembangan minat dan bakat Siswa khususnya dalam Kesenian. Kebudayaan lokas yang penuh keunikan, kebermaknaan dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan Siswa sebagai bentuk kegiatan yang berekspresi, berapresiasi maupun berkreasi.

BACA JUGA:Top Skor Piala Dunia 2022, Messi dan Mbappe Bersaing Ketat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: