Bawaslu Kota Cirebon: Butuh Peran Media untuk Awasi Pemilu

Bawaslu Kota Cirebon: Butuh Peran Media untuk Awasi Pemilu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cirebon menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kehumasan partisipasi media dalam pengawasan Pemilu tahun 2024, Rabu (14/12/2022).-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Media massa adalah pilar demokrasi. Sehingga, Bawaslu butuh media dalam pengawasan Pemilu agar demokrasi dapat berjalan baik dan benar selama Pemilu berlangsung. 

Hal tersebut diungkapkan Komisioner Bawaslu Kota Cirebon, Supriyan saat memberikan materi pada kegiatan peningkatan kapasitas kehumasan partisipasi media dalam pengawasan pemilu tahun 2024 yang digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cirebon, di salah satu hotel Jl DR Wahidin, Kota Cirebon, Rabu 14 Desember 2022.

BACA JUGA:Reses di Cirebon, Baher Gandeng BRIN Gelar Bimtek Manajemen Organisasi

"Bawaslu butuh peran media dalam pengawasan Pemilu. Dan ini perlu adanya sinergi yang baik dengan media."

"Kami (Bawaslu) mengajak seluruh media massa di Kota Cirebon untuk bersama-sama Bawaslu mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024."

"Harus diakui, dugaan pelanggaran pemilu biasanya didapat dari pemberitaan media massa," ungkapnya.

BACA JUGA:KPU Tetapkan 17 Partai Politik Peserta Pemilu 2024, Ada 6 Parpol Lokal Aceh

Di tempat yang sama, DR Khaerudin Imawan selaku Praktisi Media Cirebon menuturkan, Pemilu dapat berjalan sukses apabila semua pihak harus sadar apa peran dan fungsi, serta kepentingan apa yang dimiliki didalam Pemilu 2024.

"Media harus sadar peran dan fungsinya sebagai pilar keempat Demokrasi, maka dari itu saat pelaksanaan Pemilu, jika semua sadar posisi dan kepentingannya masing-masing, termasuk media, Pemilu akan berjalan dengan baik,"tuturnya.

Mantan reporter televisi swasta nasional ini menjelaskan, media massa akan berhadapan dengan media sosial (medsos) di ruang cyber yang semuanya memanfaatkan platform digital dalam menyuarakan atau melakukan pengawasan Pemilu 2024.

BACA JUGA:UNPAR Pertahankan Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Konsisten Jaga Budaya Mutu

"Sesungguhnya media akan berhadapan dengan media sosial di arena Pemilu di ruang cyber dimana masyarakat punya andil dalam kontestasi Pemilu dengan cuitannya di media sosial," jelasnya.

Sementara itu, menurut Khairil Anwar selaku Pemimpin Redaksi (Pimred) Harian Umum Rakyat Cirebon, peran media sangat krusial pada penyelenggaraan Pemilu.

"Peran media sangat penting menopang penyelenggara Pemilu karena Bawaslu tidak bisa mengawasi sendiri selama pelaksanaan Pemilu," ujarnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase