Kenapa Tangan Sering Kesemutan? Perlu Diwaspadai, Berikut 6 Penyebabnya

Kenapa Tangan Sering Kesemutan? Perlu Diwaspadai, Berikut 6 Penyebabnya

Kenapa Tangan Sering Kesemutan? Perlu Diwaspadai, Berikut 6 Penyebabnya-capture-Halodoc

Sebagai contoh, orang yang mengonsumsi obat statin unutk menurunkan kolesterol penderita kanker yang menjalani kemoterapi, atau pengguna obat isoniazid unutk tuberkolosis bisa saja  mengalami efek samping berupa kaki atau tangan kesemutan.

Efek samping ini biasanya akan membaik setelah pengobatab tersebut selesai.

BACA JUGA:Manfaat Menjalani Diet Vegan, yang Kamu Harus Tau!

3. Diabetes

Kesemutan yang terlalu sering pada tangan dapat menjadi tanda penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi akibat kadar gula yang tidak terkontrol.

Sebab kadaar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan saraf dan pembuluh darah kecil yang menyalurkan nutrisi pada saraf. Sehingga memicu kesemutan, nyeri, mati rasa, hingga kebas.

Selain kesemutan, penderita diabetes juga kerap merasakan gejala lain, seperti kulit gatal dan kering, berat badan naik atau turun tanpa penyebab yang jelas, hingga luka yang sulit sembuh.

BACA JUGA:5 Manfaat Biji Semangka yang Mungkin Anda Belum Tahu, Nomor 2 Bagus untuk Para Suami

4. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpa merupakn kerusakan saraf akibat tekanan dan iritas pada saraf yang berada di pergelangan tangan.

Penyakit ini bisa menyebabkan gejala tangan dan jari kesemutan, pergelangan tangan sakit, serta tangan melemah sehingga tak kuat menggenggam suatu barang.

CTS kerap dialami oleh siapapun yang sering bekerja menggunakan tangan untuk melakukan gerakan yang sasma dan dalam jangka waktu yang lama, seperti mengetik, mennulis, menggambar, dan mencuci.

BACA JUGA:5 Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan, Berguna untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5. Stroke

Tangan kesemutan dapat jadi tanda awal dari penyakit serius, salah satunya adalah stroke. Namun pada stroke, gejala kesemutan ini tidak timbul sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: