Hati-Hati! Terlalu Banyak Konsumsi Soda Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

Hati-Hati! Terlalu Banyak Konsumsi Soda Bisa Sebabkan Penyakit Ini!

Hati-Hati! Terlalu Banyak Konsumsi Soda Bisa Sebabkan Penyakit Ini!-Capture-Yayasan gastroentrologi Indonesia

Sulit Tidur Atau Insomnia

Selain gula minuman cola bersoda juga memiliki kandungan lainnya seperti aspartame, zat ini berpotensi menggangu waktu tidur kalian di malam hari yang membuat kalian akan kesulitan untuk tidur.

Jika hal ini berlanjut terlalu lama bisa menyebabkan meningkatnya resiko depresi dan gangguan lain seperti neurologis juga akan meningkat.

Kerusakan Pada Gigi

Sama halnya seperti tulang, gigi memerlukan asupan kalsium yang cukup agar tetap sehat. Namun, minuman bersoda dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Akibatnya, kerusakan gigi pun dapat terjadi. Mulai dari keropos, gigi berlubang, karies, hingga pertumbuhan gigi yang tidak sempurna.

Diabetes Tipe 2

Memiliki kaitan yang cukup erat dengan obesitas, konsumsi soda secara berlebihan juga secara tak langsung dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes tipe 2. Kaitan antara konsumsi soda berlebihan dengan diabetes tipe 2 ini diungkapkan dalam studi di tahun 2010, yang bertajuk Sugar-sweetened Beverages and Risk of Metabolic Syndrome and Type 2 Diabetes: A Meta Analysis.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa asupan pemanis jenis fruktosa yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin. Itulah sebabnya mengonsumsi soda yang kadar gulanya sangat tinggi, meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Wow! IPM Kota Cirebon Capai 75,89 Alias Meningkat 0,85 Persen

Pada studi baru-baru ini, yang mengamati kaitan antara konsumsi gula dan diabetes di 175 negara, juga menunjukkan setiap 150 kalori gula yang dikonsumsi per harinya (setara dengan sekaleng soda) meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 1,1 persen.

Oleh karena itu, batasilah konsumsi soda dan ganti dengan minuman menyegarkan tapi sehat, seperti infused water atau jus buah tanpa gula. Selain itu, penting juga untuk memeriksakan kadar gula darah secara rutin, terutama yang memiliki risiko tinggi akan diabetes.

Jadi itu adalah deretan penyakit yang bisa kalian alami jika kalian mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih. Perlu kita sadari menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh itu sangat penting untuk kesehatan kita untuk saat ini bahkan masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: