Tol Getaci Terpanjang di Indonesia Melintasi 7 Kabupaten/Kota, Kapan Selesai Dibangun?

Tol Getaci Terpanjang di Indonesia Melintasi 7 Kabupaten/Kota, Kapan Selesai Dibangun?

Tol Getaci atau Gedebage Tasikmalaya Cilacap yang saat ini sudah dalam proses pembebasan lahan.-Kementerian PUPR-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -- Tol Getaci terpanjang di Indonesia melintasi wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tol Getaci atau Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ini melintasi jalur Selatan yang selama ini belum terhubung dengan jalan bebas hambatan.

Disebutkan dalam laman resmi Kementerian Pejerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahwa Tol Getaci terpanjang di Indonesia mulai dibangun.

Pembangunan Tol Getaci sudah memasuki tahap konstruksi pada tahun 2023. Ruas jalan tol ini sepanjang 171,40 kilometer di wilayah Jawa Barat dan 35,25 kilometer di wilayah Jawa Tengah.

Total, panjang Tol Getaci adalah 206,65 kilometer. Dengan demikian ruas jalan Tol Getaci terpanjang di Indonesia yang sedang dibangun.

BACA JUGA:Pengumuman Hasil Seleksi Calon PPPK Kemenag, 75 Ribu Lebih Pelamar Lulus Seleksi Administrasi

Dikatakan bahwa, proyek pembangunan tol ini tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

Dikatakan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, bahwa pembangunan Tol Getaci dimulai pada 2022. Adapun target selesainya di tahun 2024.

"Dalam pelaksanaan pembangunan Tol Getaci saya ingin mengingatkan cepat is a must but not sufficient," kata Basuki dilansir dari pu.go.id.

Tol Getaci di jalur selatan Pulau Jawa juga akan melintasi pemandangan perbukitan yang indah. Oleh karena itu, Basuki menegaskan bahwa pembangunannya jangan sampai merusak lingkungan. 

"Saya berharap untuk tetap menjaga kaidah-kaidah lingkungan hidup agar tidak merusak bukit-bukit yg ada," katanya.

BACA JUGA:Persib Pindah ke Liga Malaysia, Sedang Ramai Dibahas Oleh Bobotoh

BACA JUGA: Sidang Pembacaan Tuntutan untuk Bharad E Hari Ini dan Jadwal Sidang Sambo Cs

"Selain itu juga agar menghindari memotong pohon yang tidak perlu. Ini merupakan perintah bapak Presiden Jokowi pesannya adalah dalam membangun jangan merusak lingkungan," imbuh Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pu.go.id