Manfaat dan Persiapan Medical Check Up

Manfaat dan Persiapan Medical Check Up

dr. Ribud Anggoro--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - DALAM dunia kesehatan, MCU merupakan singkatan dari Medical Check Up. Medical Check Up adalah sebuah prosedur yang ditujukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Tujuan Medical Check Up biasanya untuk evaluasi kesehatan agar bisa mencegah penyakit sedari dini sebelum bertambah parah.

Selain itu, MCU dimanfaatkan untuk keperluan tertentu, misalnya melamar kerja di perusahaan, agar dapat dinilai kesehatan fisik dan organ dalam yang dikaitkan dengan aktivitas kerja nantinya.

MCU sering disepelekan oleh banyak orang, khususnya dewasa muda, karena mereka merasa belum ada terserang penyakit serius atau belum ada gejala parah yang mengindikasi tubuh.

BACA JUGA:Tokoh Sun Go Kong dan Dewi Kwan Im Bakal Ramaikan Kirab Budaya Cap Gomeh di Kota Cirebon

BACA JUGA:Serikat Perusahaan Pers Gelar Kongres di Hari Pers Nasional

MANFAAT

Pemeriksaan menyeluruh dengan Medical Check Up (MCU) bisa dilakukan mulai dari remaja usia 18 tahun hingga dewasa. American Medical Association merekomendasikan Anda untuk MCU rutin minimal 1 tahun sekali.

Biasanya, MCU dilakukan oleh pasien berusia 40 tahun ke atas karena memiliki gejala penyakit yang serius, seperti diabetes. Akan tetapi, MCU tetap dianjurkan bagi Sahabat MIKA yang masih muda untuk cek kondisi fisik kesehatan, meskipun terbebas dari diagnosis penyakit tertentu yang bersifat serius.

Lalu, apa saja manfaat Medical Check Up sehingga menjadi prosedur yang penting untuk dilalui?

1.Membantu proses perawatan, pencegahan, dan pengobatan karena deteksi gejala penyakit yang belum terlalu parah.

2.Memberikan informasi penting seputar kesehatan fisik dan organ dalam.

3.Biaya pengobatan berangsur lebih murah untuk kedepannya, karena sudah melakukan pencegahan sedari dini sebelum penyakit bertambah parah.

4.Memperpanjang harapan hidup dan kesehatan menjadi lebih sejahtera.

Prosedur MCU ini umumnya dilakukan sebagai syarat masuk bekerja, maupun cek kesehatan rutin yang diselenggarakan perusahaan. Tujuannya untuk melihat apakah calon dan seluruh karyawan sehat dan fit untuk bekerja. Namun, pengecekan kesehatan ini dapat Anda lakukan secara mandiri dengan pemeriksaan secara intensif.

BACA JUGA:Transaksi Capai Rp.1,3 Kuadriliun, Ini Sederet Fakta Mencengangkan AgenBRILink

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: